HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH AMURANG KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Authors

  • Hiskia Sumakul Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Paul A. T. Kawatu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Afnal Asrifuddin Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Amurang Kabupaten Minahasa Selatan memiliki 63 tenaga perawat yang terdiri dari 29 ASN dan 34 Honorer dengan waktu kerja hanya memiliki dua sift kerja. Peneliti melakukan penelitian tentang motivasi kerja dengan kinerja di tempat penelitian tersebut karena saat wawancara awal kepada perawat, ada yang mengeluhkan tentang beban kerja yang tinggi dengan memerlukan penanganan yang cepat, tentunya sangat berpengaruh terhadap kinerja dari perawat. Kinerja perawat yang saat ini sangat di tuntut dalam melakukan pelayanan kepada pasien di rumah sakit, namun terkadang masih belum maksimal dan hal ini sangat dikeluhkan oleh pasien karena pelayanan kepada pasien adalah hal yang paling penting di rumah sakit. Untuk mencapai kinerja yang baik, motivasi kerja perawat merupakan salah satu variable penentu untuk meningkatkan kinerja perawat agar pelayanan kepada pasien dapat dilaksanakan dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja pada perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian survei analitik dengan desain cross-sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perawat pelaksana yang terdaftar di daftar tenaga perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Amurang Kabupaten Minahasa Selatan yang berjumlah 63 tenaga perawat. Variabel yang di teliti adalah motivasi kerja dan kinerja. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dan menggunakan Uji Chi Square. Berdasarkan uji hubungan antara motivasi dengan kinerja pada perawat di RSUD Amurang Kabupaten Minahasa Selatan dengan menggunakan uji korelasi Chi-square dengan nilai p = 0,008 atau (p < 0,05). Terdapat hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja pada perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Amurang Kabupaten Minahasa Selatan.

 

Kata Kunci: Motivasi Kerja, Kinerja

 

ABSTRACT

The number of registered nurses is 63 nurses, consisting of 29 ASN nurses and 34 Honorary nurses. Based on preliminary interviews with several nurses and also office employees, the hospital only has two work shifts, there are also some nurses with high work complaints by providing fast security so that they can improve maximum vision. To determine the relationship between work motivation and performance in nurses at Amurang District General Hospital in South Minahasa Regency. This research belongs to the category of analytic survey research with cross-sectional study design. The population in this study were all implementing nurses who were registered in the list of nurses in the Amurang District General Hospital in South Minahasa Regency, totaling 63 nurses. Variables examined were work motivation and performance. The research instrument was a questionnaire and used the Chi Square Test. Based on the test of the relationship between motivation and performance of nurses in Amurang Regional Hospital in South Minahasa Regency using the Chi-square correlation test with a value of p = 0.008 or (p <0.05). There is a relationship between work motivation and performance of nurses in the Amurang District General Hospital in South Minahasa Regency.

 

Keywords: Work Motivation, Performance

Downloads