HUBUNGAN KINERJA DAN PRESTASI KERJA PEGAWAI DENGAN STATUS AKREDITASI DI PUSKESMAS WAWONASA DAN PUSKESMAS BAILANG KOTA MANADO

Authors

  • Eliza R. Ticoalu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Franckie R. R. Maramis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Grace E. C Korompis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Akreditasi adalah penilaian kinerja yang merupakan kuantitas dan kualitas pencapaian tugas-tugas, baik yang dilakukan individu, kelompok maupun organisasi. Akreditasi mempengaruhi kinerja dan prestasi kerja pegawai untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat.. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kinerja dan prestasi kerja pegawai di puskesmas wawonasa dan puskesmas bailang  dengan status akreditasi dengan menggunakan model penelitian kuantitatif. Hasil penelitian berupa alat ukur yang di gunakan yaitu kuesioner penelitian untuk  seluruh pegawai yang berjumlah 80 orang di puskesmas wawonasa dan puskesmas bailang kota manado. Hubungan dari kinerja puskesmas wawonasa dan puskesmas bailang dengan akreditasi dalam puskesmas wawonasa  kurang baik dengan jumlah 12 dan baik dengan  jumlah  32. Dibandingkan  kinerja puskesmas bailang dengan  jumlah  kurang baik  23 dan baik dengan  jumlah 13. Hubungannya juga dengan prestasi kerja di puskesmas wawonasa dan puskesmas bailang dengan status akreditasi di puskesmas wawonasa nilai kurang baik dengan jumlah 12 dan baik dengan jumlah 35. Dibandingkan  prestasi kerja puskesmas bailang dengan  jumlah  kurang baik  23 dan baik dengan  jumlah 13. Kesimpulan adanya hubungan kinerja dan prestasi kerja dari puskesmas wawonasa dan puskesmas bailang dengan status akreditasi. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan selalu giat  meyelesaikan  tugas tepat waktu dan  sesuai prosedur, selalu menciptakan hubungan kerja baik dengan rekan kerja, menggunakan seragam dinas saat bekerja, hadir tepat waktu dan tetap mempertahankan peningkatkan pelayanan  kesehatan yang baik kepada masyarakat.

 

Kata Kunci : Kinerja, Prestasi Kerja, Status Akreditasi                                                   

 

ABSTRACT

Accreditation is a performance assessment which is the quantity and quality of the achievement of tasks, whether carried out by individuals, groups or organizations. Accreditation affects the performance and work performance of employees to improve the quality of good health services for the community. This study aims to determine whether there is a relationship between performance and work performance of employees at Wawonasa and Bailang Puskesmas with accreditation status using a quantitative research model. The results of the study are measuring instruments used, namely the research questionnaire for all employees totaling 80 people at the Wawonasa Public Health Center and the Bailang Health Center in Manado City. The relationship between the performance of the wawonasa puskesmas and the bailang puskesmas with accreditation in the wawonasa puskesmas is not good with 12 and 32 well. Compared to the performance of the bailang puskesmas with a poor number of 23 and a good number of 13. The relationship is also with work performance at wawonasa puskesmas and puskesmas bailang with the accreditation status at the Wawonasa Puskesmas the score is not good with the number of 12 and good with the number of 35. Compared to the work performance of the Bailang Community Health Center with the number 23 and the good number is not good. . The suggestion from this research is that it is expected to always be active in completing tasks on time and according to procedures, always create good working relationships with colleagues, wear official uniforms when working, be present on time and still maintain the improvement of good health services to the community..

 

Keywords: performance, work performance, accreditation status

Downloads