GAMBARAN AKTIVITAS FISIK PADA TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS SAM RATULANGI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Vinasula T. Tukuboya Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Nancy S. H. Malonda Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Yulianty Sanggelorang Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Pada masa pandemi COVID-19 ini amat penting untuk kita meningkatkan kekebalan tubuh yang merupakan pertahanan tubuh untuk melawan virus. Cara untuk mencegah penyebaran COVID-19 salah satunya yaitu dengan melakukan physical distancing dan isolasi diri sendiri di rumah masing-masing sehingga membuat beberapa tenaga kerja yang biasanya bekerja di kantor menjadi work from home atau bekerja dari rumah masing-masing. Saat isolasi diri ini penting untuk melakukan aktivitas fisik yang cukup agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran aktivitas fisik pada tenaga pendidik dan kependidikan FKM Unsrat selama masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dan dengan desain penelitian observasional dalam bentuk survei. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai September tahun 2020 di FKM Unsrat. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu tenaga pendidik dan kependidikan FKM Unsrat yang berjumlah 48 orang. Instrumen penelitian yaitu Global Physical Activity Questionnaire (GPAQ) dan formulir recall aktivitas fisik 2 x 24 jam. Hasil dari penelitian ini dianalisis menggunakan analisis univariat. Hasil analisis berdasarkan kuesioner aktivitas fisik didapatkan bahwa sebagian besar responden memiliki aktivitas fisik yang berkategori ringan dengan jumlah 23 orang (47.9%), sedangkan yang paling sedikit yaitu responden dengan kategori sedang dengan jumlah 12 orang (25%). Berdasarkan recall aktivitas fisik 2 x 24 jam didapatkan bahwa sebagian besar responden memiliki aktivitas fisik yang berkategori ringan dengan jumlah 29 orang (85.3%) dan sama sekali tidak ditemukan responden dengan aktivitas fisik yang berkategori berat.

 

Kata Kunci : Aktivitas Fisik, Tenaga Pendidik dan Kependidikan, COVID-19            

 

ABSTRACT

In this COVID-19 pandemic, it is highly important to increase immunity as the body's defense against viruses. One way to prevent the transmission of COVID-19 is to do self-isolation in our houses. This leads to a change, from working in an office to working from home, for some workers. During self-isolation, it is important to do enough physical activity to increase the body's immune system. The purpose of this research is to describe the physical activity of educators in FKM Unsrat during the COVID-19 pandemic. This was a descriptive quantitative research, using the observational research design in survey form. Research was done in May to September 2020 at FKM Unsrat. The sample used in this research are 48 educators of FKM Unsrat. As a tool of measurement, the Global Physical Activity Questionnaire (GPAQ) and a 2 x 24 hours physical activity recall form were used. The analysis used was an univariate analysis. Analysis from the physical activity questionnaire showed that most, that is 23 respondents (47.9%) fall into the low category, while the least, that is 12 respondents (25%) fall into moderate category. Based on the 2 x 24 hours physical activity recall form, 20 respondents (85.3%) fall into the low category and no respondents fall into the high category.

 

Keywords: Physical Activity, Educators, COVID-19

Downloads