HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP PESERTA DIDIK PEREMPUAN DENGAN TINDAKAN PENCEGAHAN KEPUTIHAN DI SMP NEGERI 3 TAHUNA

Authors

  • Lestari Amaliadi Hermawan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sulaemana Engkeng Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sekplin S. Sekeon Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Kesehatan reproduksi merupakan suatu keadaan dimana seseorang bebas dari suatu penyakit khususnya pada bagian alat reproduksi, Keputihan adalah suatu cairan yang dikeluarkan dari alat reproduksi yang tidak berupa darah. Pencegahan keputihan merupakan suatu tindakan seseorang menjaga serta merawat daerah alat reproduksi. Tujuan dari penelitian ini menganalisis hubungan antara pengetahuan dan sikap peserta didik perempuan dengan tindakan pencegahan keputihan di SMP Negeri 3 Tahuna, Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif dengan pendekatan survey analitik dengan rancangan Cross Sectional, Penelitian ini dilakukan dengan cara door to door ke rumah-rumah peserta didik perempuan kelas VIII dan IX SMP Negeri 3 Tahuna dengan mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan, Pada Bulan Agustus 2020. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Adanya pengaruh yang signifikan antara  pengetahuan dengan tindakan pencegahan keputihan dengan nilai p-value = 0,024<0,05. Dan ada hubungan yang signifikan antara sikap dengan tindakan pencegahan keputihan dengan nilai P-Vaue=0,019<0,05. Bagi kepala sekolah diharapkan untuk dapat menciptakan kegiatan yang positif untuk meningkatkan kreativitas pelajar, Bagi para peserta didik, diharapkan untuk dapat aktif dalam mencari informasi dari bebagai media yang ada sehingga pelajar memiliki pengetahuan dan pemahaman yang tinggi agar dapat terhindar dari risiko dan dampak yang ditimbulkan.

 

Kata kunci : Kesehatan Reproduksi, keputihan, pencegahan keputihan

 

ABSTRACT

Reproductive health is a condition in which a person is free from a disease, especially in the reproductive organs. Leucorrhoea is a fluid that is released from the reproductive organs which is not in the form of blood. Prevention of vaginal discharge is an act of someone to protect and care for the area of the reproductive organs. The purpose of this study was to analyze the relationship between the knowledge and attitudes of female students with leucorrhoea prevention measures at 3 Tahuna State Junior High School. This type of research used quantitative research with an analytic survey approach with a cross sectional design. Class VIII and IX female students of SMP Negeri 3 Tahuna by complying with and implementing health protocols, in August 2020. Based on the research conducted there was a significant influence between knowledge and leucorrhoea prevention measures with p-value = 0.024 <0.05. And there is a significant relationship between attitude and leucorrhoea preventive measures with a P-Vaue value = 0.019 <0.05. The principal is expected to be able to create positive activities to increase student creativity.For students, it is hoped that they can be active in seeking information from various existing media so that students have high knowledge and understanding in order to avoid the risks and impacts caused.

 

Keywords: Reproductive Health, vaginal discharge, prevention of vaginal discharge

Downloads