PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG GIZI SEIMBANG PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 NANUSA KABUPATEN TALAUD
Abstract
Pemenuhan gizi pada peserta didik merupakan upaya yang perlu dilakukan untuk meningkatkan status gizi peserta didik. Upaya peningkatan pengetahuan peserta didik melalui penyebaran informasi tentang gizi simbang perlu dilakukan agar mereka tahu dan mampu untuk memenuhi kebutuhan gizi mereka. Penyuluhan kesehatan merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menyebarluaskan informasi kesehatan kepada masyarakat untuk mendorong dan memandirikan mereka malalui pesan kesehatan yang telah diterimanya. Metode ceramah atau curah pendapat adalah salah satu bentuk metode yang sering digunakan agar ada interaksi antara sasaran penyuluhan dengan pemberi informasi.Tujuan enelitian untuk menganalisis pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan tentang gizi seimbang pada peserta didik di SMP Negeri 1 Nanusa Kabupaten Talaud. Metode penelitian yaitu penelitian eksperimen semu one group pre-test and post-test design. Populasi yang juga menjadi sampel dalam penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas VII sampai kelas IX SMP Negeri 1 Nanusa Kabupaten Talaud yang berjumlah 63 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu materi penyuluhan dalam bentuk slide power point, Laptop dan alat tulis menulis. Penelitian ini menggunakan uji paired t-test. Hasil penelitian sebelum dilakukan penyuluhan terdapat 47,6% peserta didik yang berada pada kategori pengetahuan kurang baik dengan nilai rata-rata 6,08. Terjadi peningkatan pengetahuan pada pelajar sesudah penyuluhan dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 14,37 dan terdapat 65,1% peserta didik yang berada pada kategori pengetahuan baik. Ada pengaruh penyuluhan terhadap peningkatan pengetahuan pelajar dengan nilai Ï value = 0,000 dengan perbedaan nilai rata-rata sebesar 8,29. Penyuluhan kesehatan berpengaruh terhadap pengetahuan tentang gizi seimbang pada peserta didik di SMP Negeri 1 Nanusa Kabupaten Talaud
Â
Kata Kunci: Penyuluhan Kesehatan, Gizi Seimbang, Peserta didik
Â
ABSTRACT
The fulfillment of nutrition requirement for adolescents is an effort that needs to be done to improve their nutritional status. Efforts to increase the knowledge of adolescents through the distribution of information on balanced nutrition need to be done so that they know and can meet their nutritional needs. Health education is one way to disseminate health information to the public to encourage and empower them through the health messages they have received. The lecture or brainstorming method is one form of method that is often used so that there is an interaction between the target of the counselling and the information provider. Research objective to analyze the effect of health education on knowledge about balanced nutrition in adolescents at SMP Negeri 1 Nanusa, Talaud Regency. This research used quasi-experimental, one group pre-test and post-test design. The sample of this research is the entire population, namely all adolescents who are in class VII to class IX SMP Negeri 1 Nanusa Talaud Regency, totaling 63 students.The research instrument used was lecture’s material in the form of power point slides, questionnaire, computers and writing instruments. This study used a paired t-test. Research results is prior to the counselling, 47.6% of adolescents were in the poor knowledge category with an average score of 6.08. There was an increase in students' knowledge after counseling with an average score increasing to 14.37 and there were 65.1% of adolescents who were in the good knowledge category. There is an influence of counseling on increasing student knowledge with a value of Ï value = 0.000 with a difference in the average value of 8.29. Health education affects knowledge about balanced nutrition in adolescents at SMP Negeri 1 Nanusa, Talaud Regency.
Â
Keyword: Health Education, balanced nutrition, adolescents