PENGARUH PENYULUHAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) TERHADAP PENGETAHUAN PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 TOMPASOBARU MINAHASA SELATAN

Authors

  • Paulus Ezra Sanger Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sulaemana Engkeng Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Herdy Munayang Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat terhadap pengetahuan peserta didik SMP N 1 Tompasobaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif dan menggunakan metode True eksperimen dengan menggunakan pre-test dan post test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang menjadi kelas eksperimen yaitu kelas VIII C dan dan kelas kontrol kelas VIII A. Kesimpulannya, berdasarkan hasil analisis uji paired sampel t-test sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan pada kelompok eksperimen didapatkan nilai P Value 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap pengetahun kelompok eksperimen dan pada kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan (penyuluhan) didapatkan nilai P Value 0,041 hasil ini menunjukan bahwa meskipun sama-sama terjadi peningkatan, kelompok yang mendapat perlakuan lebih besar pengaruhnya dari pada kelompok yang tidak mendapat perlakuan.

 

Kata Kunci : PHBS, Pengetahuan, Penyuluhan

 

ABSTRACK

This study aims to determine whether there is an effect of hygine and healty lifestyle counselling on the knowledge of students off SMP Negeri 1 Tompasobaru. This type of research is a quantitative and uses the true experimental method using pre-test and post-test in the experimental group and the control group, which becomes the experimental class namely class VIII C and class VIII A. in conclusion, based on the result of the paired t-test analysis before and after counseling was given to the experimental group, the P Value 0,000, so it can so it can concluded that there was a significant increase in the knowledge of the experimental group and in the untreated control group the P Value 0,041 shows that even though there is an increase in both, the treated group has a greater influence than the untreated group.

 

Keywords: PHBS, knowledge, counselling

Downloads