Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Klinik Bala Keselamatan Amurang Kabupaten Minahasa Selatan

Authors

  • Estefan Imanuel Sajow Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Ribka Wowor Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Franckie R. R. Maramis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan yaitu merupakan keseluruhan pelayanan kesehatan yang diberikan sesuai standar kepada para pasien atau masyarakat oleh instansi kesehatan dengan tetap mengevaluasi pelayanan kesehatan yang diberikan agar kebutuhan dan keinginan pasien dapat dipenuhi. Kepuasan pasien merupakan penilaian pelayanan kesehatan yang dirasakan seseorang setelah petugas kesehatan melakukan pelayanan kesehatan sesuai dengan harapan atau tidak sesuai dengan harapan.  Penelitian ini menggunakan jenis survei analitik dengan pendekatan cross sectional study. Tempat penelitian dilakukan di Klinik Kesehatan Bala Keselamatan Amurang, Minahasa Selatan. Waktu penelitian dilaksanakan pada Januari-Maret, 2020. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis univariate dan analisis bivariate menggunakan uji statistik chi-square pada tingkat kemaknaan 95%. Hasil Penelitian menunjukkan H1 diterima artinya ada hubungan mutu jasa pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Klinik Bala Keselamatan dengan nilai p = 0,000, dimana nilai mutu jasa pelayanan kesehatan yang baik sebesar 75% dan nilai kepuasan pasien yang menjawab sebanyak 85%.

 

Kata Kunci : Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien

 

ABSTRACT

The quality of health services is the overall health service provided according to standards to patients or the community by health agencies while still evaluating the health services provided so that the patient's needs and desires can be met. Patient satisfaction is an assessment of health services that a person feels after health workers perform health services in accordance with expectations or not in accordance with expectations. This study uses an analytic survey with a cross sectional study approach. The research was done at the Bala Keselamatan Health Clinic Amurang, South Minahasa. The time of the study was carried out in January-March, 2020. The data analysis in this study was univariate analysis and bivariate analysis using the chi-square statistical test at a significance level of 95%. The results showed that H1 was accepted, meaning that there was a relationship between the quality of health services and patient satisfaction at the Bala Keselamatan Clinic with a value of p = 0.000, where the value of the quality of good health services was 75% and the value of patient satisfaction who answered was 85%.

 

Keywords : Quality of healthcare, Patient’s satisfaction

Downloads