Gambaran Pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Di PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tolitoli

Authors

  • Yolanda Natalia Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Paul A.T. Kawatu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • A .J.M Rattu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) merupakan bagian dari sistem manajemen yang harus diterapkan perusahaan yang memiliki resiko kerja tinggi termasuk Perusahaan Listrik Negara (PLN). SMK3 dapat mendorong terlaksananya perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang efektif dan efisien terhadap pekerja, mencegah kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, serta menjadikan K3 sebagai budaya di tempat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tolitoli. Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode wawancara mendalam pada 5 orang informan sebagai data primer, sedangkan data sekunder diperoleh dari pengamatan langsung/observasi di PT. PLN (Persero) UP3 Tolitoli. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan pelaksanaan SMK3 di PT. PLN (Persero) UP3 Tolitoli sudah sesuai dengan elemen K3 yang terdapat dalam Peraturan Pemerintah No.50 Tahun 2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan tingkat pencapaian penerapannya termasuk dalam kategori penerapan memuaskan, serta kategori minor yang terdapat pada hasil audit internal SMK3 sudah dilakukan upaya perbaikan.

 

Kata kunci: Penerapan SMK3, SMK3, PLN

 

ABSTRACT

The Occupational Safety and Health Management Systems (OSHMS) is part of the management system that should be implemented to high-risk companies, including the state electricity company. The OSHMS can promote effective and efficient protection of occupational safety and health (OSH) against workers, prevent work accidents and occupational disease, and make OSH a culture at the workplace. This study aimed to describe the implementation of the Occupational Safety and Health Management System in the PT. PLN (Persero) Customer Service Implementation Unit (UP3) Tolitoli. The type of study is qualitative with in-depth interview methods at 5 informants as the primary data, the secondary data were obtained from direct observation / observation in the PT. PLN (Persero) UP3 Tolitoli. From the results, it can be concluded that the implementation of OSHMS in the PT. PLN (Persero) UP3 Tolitoli is in accordance with the OSH element contained in Government Regulation Number 50 of 2012 concerning the Implementation of the Occupational Safety and Health Management System and implementation achievement level is included in the category of satisfactory implementation, as well as the minor category contained in the results of the internal audit of OSHMS has made improvements.

 

Keywords: Implementation of OSHMS, OSHMS, PLN

Downloads

Published

2022-11-30