Hubungan Pengetahuan dan Sikap terhadap Perilaku Pencegahan Covid-19 pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado

Authors

  • Cindy L. Priyono Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Grace E.C. Korompis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Asep Rahman Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Dalam upaya mewaspadai penularan COVID-19 di sekolah, peserta didik turut berpartisipasi aktif dalam mengikuti perilaku pencegahan penularan COVID-19 dan setiap peserta didik mempunyai perilaku yang berbeda-beda dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini. Pencegahan COVID-19 pada peserta didik dapat diwujudkan dalam bentuk pengetahuan, sikap dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap terhadap perilaku pencegahan COVID-19 pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang bersifat cross sectional study. Penelitian ini dilakukan pada bulan februari-oktober 2021 di Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado dengan jumlah sampel sebanyak 81 responden. Dalam penelitian ini alat ukur yang digunakan adalah kuesioner tentang pengetahuan, sikap, perilaku pencegahan COVID-19 yang terdiri dari 10 pertanyaan. Hasil yang di dapatkan dalam penelitian ini, bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan perilaku pencegahan COVID-19 pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado dengan di dapatkan nilai p value =0,000 dan terdapat hubungan antara sikap dengan perilaku pencegahan COVID-19 pada peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado dengan didapatkan nilai p value=0,000.

 

Kata Kunci : pengetahuan, sikap, perilaku pencegahan COVID-19, peserta didik

 

ABSTRACT

In an effort to be aware of the transmission of COVID-19 in schools, students actively participate in participating in the prevention of COVID-19 transmission and each student has different behavior in dealing with the COVID-19 pandemic. . Prevention of COVID-19 in students can be realized in the form of knowledge, attitudes and behavior. This study aims to determine the relationship between knowledge and attitudes towards COVID-19 prevention behavior in students at Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado by using quantitative research methods with a cross-sectional study design. This research was conducted in February-October 2021 at Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado with a total sample of 81 respondents. In this study, the measuring instrument used was a questionnaire about knowledge, attitudes, and behaviors to prevent COVID-19 which consisted of 10 questions. The results obtained in this study, that there is a significant relationship between knowledge and COVID-19 prevention behavior in students at Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado with a p value = 0.000 and there is a relationship between attitudes and COVID-19 prevention behavior. on students at Madrasah Aliyah Negeri Model 1 Manado with p value= 0.000. 

 

Keywords : knowledge, attitude, preventive behavior COVID-19, students

Downloads