PENGARUH PEMUPUKAN UNSUR HARA MAKRO N, P, K TERHADAP POTENSI PRODUKSI NDF, ADF, KAPASITAS TAMPUNG RUMPUT Brachiaria humidicola cv. Tully dan Pennisetum purpureum cv. Mott

Authors

  • Constantyn I. J. Sumolang
  • Selvi D. Anis
  • Malcky M. Telleng

DOI:

https://doi.org/10.35801/jlppmsains.3.2.2016.15218

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk NPK terhadap Potensi Produksi Fraksi Serat NDF, ADF, Kapasitas Tampung Rumput Brachiaria .humidicola cv. Tully dan Penisetum purpureum cv. Mott. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah model experimental dengan menggunakan Rancangan Acak kelompok (RAK) dengan pola Faktorial. Faktor A jenis rumput : a1 = Rumput B. humidicola cv. Trully ; a2 = Rumput P. purpureum cv. Mott. Faktor jenis pupuk b1 = Pupuk tunggal N (Urea) ; b2 = Pupuk kombinasi NP (Urea + TSP) ; b3 = pupuk kombinasi NPK (Urea + TSP + KCl). Dosis pupuk yang digunakan Urea=150 kg/ha, TSP = 75 kg/ha, KCl = 75 kg/ha, sehingga terdapat 6 kombinasi perlakuan dan masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali. Jumlah keseluruhan satuan percobaan adalah 24 satuan percobaan. Penelitian ini dilaksanakan di kebun percobaan Pandu, yang terletak di desa Talawaan Bantik, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara, Propinsi Sulawesi Utara.
Hasil analisis menunjukkan bahwa jenis rumput, jenis pupuk dan interaksi jenis rumput dan jenis pupuk memberikan hasil yang berbeda sangat nyata (P<0.01) terhadap produksi NDF, ADF dan Kapasitas Tampung. Produksi NDF, ADF, Kapasitas Tampung rumput P. purpureum, cv. Mott sangat nyata (P<0,01) lebih tinggi dari rumput B. humidicola cv. Tully. Produksi NDF, ADF, Kapasitas Tampung rumput yang diberikan pupuk NPK sangat nyata lebih tinggi (P<0.01) dari rumput yang diberikan pupuk NP dan N secara tunggal. Pemberian pupuk NPK menghasilkan poten produksi NDF, potensi produksi ADF dan kapsitas tampung masing-masing 57,79%, 349,43%, dan 40,42% lebih tinggi dibandingkan pembeerian pupuk N secara tunggal. Rumput P. purpureum cv. Mott yang diberikan pupuk NPK menghasilkan produksi NDF, produksi ADF dan kapasitas tampung yang paling tinggi.

Downloads

Issue

Section

Articles