UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK DAUN PINANG YAKI (Areca vestiaria) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DPPH (1,1-difenil-2-pikrilhidrazil)

Authors

  • Pristian Sibua
  • Herny Simbala
  • Olvie Syenni Datu

DOI:

https://doi.org/10.35799/pha.11.2022.41729

Abstract

ABSTRACT

Areca yaki leaves (Areca vestiaria) are a source of antioxidants that can prevent free radicals that can damage body cells. Areca yaki leaves contain secondary metabolites such as alkaloids, flavonoids, triterpenoids, steroids, and tannins with anticancer, antitumor, antibacterial, and anticancer effects as an anti-fertilizer. This study analyzed the antioxidant activity of areca yaki (Areca vestiaria) leaves obtained from village kinilow . On this research with the maceration method and using the DPPH method (1,1- diphenyl-2- picrylhydrazyl) with concentrations of 5, 10, 15, 20, 25 mg/L to analyze antioxidant activity by spectrophotometer. The results of this study showed that the levels of antioxidants in areca yaki (Areca vestiaria) leaves have antioxidant activity. It also means that the higher the concentration, the higher the levels of antioxidants produced. High levels of antioxidants were obtained at a concentration of 25 with a value of 85.30%. Therefore, the obtained inhibition value is calculated using IC50. The obtained value is 7,8, this matter conclude the antioxidant levels in areca yaki leaves are very strong.

Keywords: Areca Yaki Leaves (Areca vestiaria), Antioxidant, DPPH (1,1-diphenyl-2- picrylhydrazyl)

 

 

ABSTRAK

Daun pinang yaki (Areca vestiaria) merupakan sumber antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh, daun pinang yaki memiliki kandungan senyawa metabolit sekunder seperti alkaloid, flavonoid, triterpenoid, steroid, dan tanin yang memiliki efek sebagai antikanker, antitumor, antibakteri, dan juga sebagai antifertilisasi. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas antioksidan dari daun pinang yaki (Areca vestiaria) yang di peroleh dari desa kinilow. Penelitian ini di lakukan dengan metode maserasi dan dengan menggunakan metode DPPH (1,1-difenil-2-pikrilhidrazi) dengan konsentrasi 5, 10, 15, 20, 25 mg/L untuk menganalisa aktivitas antioksidan dengan spektrofotometer . Hasil dari penelitian ini memperlihatkan kadar antioksidan pada daun pinang yaki (Areca vestiaria) memiliki aktivitas antioksidan dan semakin tinggi konsentrasi semakin tinggi pula kadar antioksidan yang dihasilkan. Kadar antioksidan yang besar di dapatkan pada konsentrasi 25 dengan nilai 85,30%. Pada penelitian ini nilai inhibisi yang telah di dapatkan kemudian di hitung dengan menggunakan IC50 dan nilai yang di dapatkan adalah 7,8, hal ini dapat di simpulkan kadar antioksidan pada daun pinang yaki sangat kuat.

 

Kata kunci: Daun Pinang Yaki (Areca vestiaria),Antioksidan, DPPH (1,1-difenil-2-pikrilhidrazil)


Downloads

Published

2022-07-02

How to Cite

Sibua, P., Simbala, H., & Datu, O. S. (2022). UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK DAUN PINANG YAKI (Areca vestiaria) DENGAN MENGGUNAKAN METODE DPPH (1,1-difenil-2-pikrilhidrazil). PHARMACON, 11(2), 1408–1416. https://doi.org/10.35799/pha.11.2022.41729

Issue

Section

Articles