Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL

Ketentuan Umum

  1. PHARMACON menerima artikel dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  2. Artikel ditulis dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris sesuai dengan tata bahasa yang baik dan benar. Artikel dalam bahasa Indonesia sebaiknya mengikuti Pedoman Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
  3. Artikel ditulis menggunakan jenis huruf Times New Roman 11pt spasi tunggal pada halaman berukuran A4 (210mm x 297mm) dengan margin kiri, kanan, atas dan bawah masing-masing: 2 cm, 2 cm, 3 cm dan 2 cm. Artikel diketik menggunakan program Microsoft Word.
  4. Pada artikel berbahasa Indonesia, kata asing ditulis harus dicetak miring.
  5. Tabel yang ditampilkan dalam artikel harus berformat tabel (bukan image). Pastikan pula gambar yang ditampilkan beresolusi tinggi. Penulisan tabel ditulis menggunakan line spasi single.
  6. Pengutipan Pustaka dalam artikel ditunjukkan dengan nama akhir penulis diikuti tahun (sistem Harvard Style).  Contoh Morgan (1992); Munns et al. (1979) di awal kalimat dan (Raymond dan Smirnoff 2002) di akhir kalimat.
  7. Pemasukkan Artikel dikirim melalui email: gayatri_citra88@ymail.com

Sistematika Penulisan

  1. Judul
    Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan panjang maksimal 15 kata.
  2. Nama penulis dicantumkan tanpa menggunakan gelar disertai dengan lembaga asal penulis. Jika para penulis berasal dari instansi yang berbeda maka gunakan tanda 1), 2), 3) dan seterusnya di belakang nama masing –masing penulis. Penulis yang menjadi alamat korespondensi diberi tanda (*) dan harus disertai alamat institusi lengkap beserta email.
  3. Abstrak
    Abstrak ditulis dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, maksimum 150 kata dalam satu paragraf. Di dalam abstrak terdiri atas latar belakang, tujuan penelitian, metodologi penelitian, hasil dan kesimpulan.
  4. Kata kunci (keywords) maksimal 5 (lima) kata  pada bagian akhir abstrak (Indonesia dan Inggris)
  5. Pendahuluan
    Pendahuluan berisi latar belakang penelitian dan tujuan penelitian.
  6. Metodologi penelitian
    Bagian ini terdiri atas: waktu dan tempat penelitian, jenis penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, dan analisis data.
  7. Hasil dan pembahasan
    Setiap data yang ditampilkan dibahas secara komprehensif dengan alur: menyampaikan data, mengomparasikan dengan penelitian lain yang sejenis, serta mengemukakan teori yang relevan terkait data yang ada.
  8. Kesimpulan
    Kesimpulan berisi tentang ringkasan yang menjawab tujuan penelitian serta apa yang perlu dipelajari lebih lanjut.
  9. Saran
    Berisi berupa bahan pengembangan untuk penelitian selanjutnya.
  10. Daftar pustaka
    Disusun berdasarkan abjad nama akhir penulis utama dan tahun terbit (sistem Harvard), wajib menggunakan aplikasi standar sitasi (Mendeley/Endnote). Pustaka minimal 70% berasal dari keseluruhan pustaka acuan dengan kemutahiran pustaka acuan maksimal 10 tahun terakhir.

    Jurnal

    Penyusunan Daftar Pustaka untuk jumal ditulis dengan urutan: nama pengarang, tahunterbit, nama jurnal, volume jumal, nomor jurnal, dan balaman untuk sumber acuan dari jurnal.
    Contoh:

    Azizah, D.N., E. Kumolowati & F. Faramayuda. 2014. Penetapan Kadar Flavonoid Metode AlCl3 pada Ekstrak Metanol Kulit Buah Kakao (Theobroma cacao L). Kartika Jurnal Ilmiah Farmasi. 2: 45-49.

    Buku

    Penyusunan Daftar Pustaka untuk buku ditulis dengan urutan: nama pengarang, tahun terbit, judul buku nama penerbit dan tempat penerbit. Pada dasarnya cara untuk menulis nama pengarang dan tahun penerbitan sama seperti pada jurnal. Contoh:

    Aiken, G.R., D.M. McKnight, R.L. Wershaw & P. MacCarthy. 1985. Humic Substances in Soil Sediment and Water: Geochemistry, Isolation, and Characterization. John Willey & Sons, New York.

    Skripsi, tesis atau disertasi
     Contoh:
    Nely, F. 2007. Aktivitas Antioksidan Rempah Pasar dan Bubuk Rempah Pabrik dengan Metode Polifenol danUji Aom (Active Oxygen Method). [Skripsi]. Fakultas Teknologi Pertanian IPB, Bogor.

    Rorong, J.A. 2012. Fitokimia Limbah Pertanian Sebagai Sensitizer Alami Untuk Fotoreduksi Besi [Disertasi]. Program Doktor. Universitas Brawijaya, Malang.