Seagrass Thalassia hemprichii Biomass in Waleo Waters, Kema District, Minahasa Utara Regency

Authors

DOI:

https://doi.org/10.35800/jip.6.1.2018.19544

Abstract

This study was aimed at knowing the aquati environmental condition, the fresh weight and ry weight of root, rhizome, and leaf of  Thalassia hemprichii, and the ratio of seagrass biomass of Thalassia hemprichii with sampling sites.

It was done in Waleo waters, Kema district, Minahasa Utara regency. Data collection used 50×50 cm quadrat, and each T. hemprichii in the quadrat was removed.  Water temperature and salinity were measured. Each study site was photographed.This study was done at the lowest tide in 3 locations, near mangrove forest, in the seagrass bed, and coral reefs. Seagrass samples were put in separated plastic bags with location, placed in the cool box, ans brought to the laboratory for further analysis. The samples were cleansed and put in the alcohol-containing plastic bag. Then, the samples were dried and weighed. Results showed that the highest biomass occurred in root, then leaf, and rhizome for all study sites.

 Keywords: seagrass, biomass, Thalassia hemprichii.

 

ABSTRAK

Tujuan Penelitian adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi lingkungan perairan di lokasi penelitian, untuk mengetahui berapa besar berat basah dan berat kering dari bagian-bagian (akar, rhizoma, dan daun) dari lamun Thalassia hemprichii, untuk mengetahui perbandingan biomassa dari lamun Thalassia hemprichii berdasarkan masing-masing stasiun pengambilan sampel. Penelitian ini dilaksanakan di Perairan Waleo Kecamatan Kema Minahasa Utara. Pengambilan data menggunakan kuadaran 50×50 cm, dan  setiap lamun Thalassia hemprichii di  dalam kuadran dicabut. Suhu dan salnitas air juga diukur. Lokasi penelitian diambil gambar bawah air. Pengambilan sampel dilakukan pada saat surut terrendah dekat hutan mangrove, di hamparan lamunn dan daerah terumbu karang. Sampel lamun dimasukan ke dalam plastik di pisahkan sesuai sub lokasi, sampel di masukan kedalam cool box dan di bawah ke laboratorium untuk di teliti. Lamun dicuci bersih menggunakan air bersih dan diisi dalam plastik sampel dengan memakai alkohol. Lamun di bawah ke laboratorium akan di keringkan dan ditimbang. Hasil biomassa lamun Thalassia hemprichii di lokasi penelitian menunjukkan bahwa biomassa tertinggi terdapat pada akar, kemudian daun, dan batang.

Kata Kunci : Lamun, Biomassa, Thalassia hemprichii.  

Downloads

Published

2018-05-03

How to Cite

Alelo, M. L., Kondoy, K. I. F., & Moningkey, R. D. (2018). Seagrass Thalassia hemprichii Biomass in Waleo Waters, Kema District, Minahasa Utara Regency. Jurnal Ilmiah PLATAX, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.35800/jip.6.1.2018.19544

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>