google-site-verification: google69c78b2f88dffd35.html

Template JIP

  Petunjuk Penulisan Naskah Lengkap

Jurnal Ilmiah Platax Universitas Sam Ratulangi

 

Judul, Arial 11 Pt, Dibuat dengan Huruf Kapital (Tidak Capital untuk Kata Sambung dan Dicetak dalam Dua Bahasa yaitu Indonesia dan Inggris Masing-masing Maksimal 14 Kata (Termasuk Kata Penghubung)

Nama penulis tanpa gelar, arial 10 pt dicetak tebal: Susilo Budi Priyono*1, Ferdinanad2 dan Indah Rambing2 diikuti tanda bintang (alamat korespondensi) dan angka (instansi), jika berasal dari instansi yang sama maka tidak perlu menggunakan nomor

1Nama instansi dan alamat lengkap ditulis tidak cetak tebal arial 10pt

2Nama instansi dan alamat lengkap ditulis tidak cetak tebal arial 10pt

*Penulis untuk korespondensi, e-mail

 

 

Abstrak

(dalam Arial 11 pt justified dicetak tebal)

Abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa ingris, ditulis dengan huruf Arial 11 pt justified 1 spasi. Dokumen ini menjelaskan inti dari permasalahan secara lengkap maksimal 250 kata meliputi tujuan, metode, hasil dan kesimpulan.

Kata kunci:   ditulis urut abjad merupakan kata kunci pada penelitian (pisahkan dengan titik koma) terdiri dari 3-5 kata kunci

Abstract

Abstrak dalam bahasa ingris, ditulis dengan huruf Arial 11 pt justified 1 spasi. Dokumen ini menjelaskan intisari makalah secara lengkap maksimal 250 kata meliputi tujuan, metode, hasil dan kesimpulan.

Key words: ditulis urut abjad berdasar abstrak bahasa indonesia (Separate by semicolons)

 

 

Pendahuluan

(Ditulis dengan huruf Arial 11 pt cetak tebal)

Dimohon menyediakan waktu sebentar untuk dapat membaca petunjuk penulisan ini agar menyeragamkan dan mempermudah proses editing pada tim editor.

Seluruh tulisan ditulis menggunakan Arial 11 pt justified 1 spasi, dibuat rata kanan dan kiri pada format kertas A4 dengan margin kanan, kiri atas dan bawah 2,5 cm. Paragraf tidak ditulis menjorok ke kanan tapi tetap rata kiri. Pendahuluan berisi latar belakang, kajian literatur, kebaruan ilmiah dan permasalahan penelitian atau hipotesisi.

 

Bahan dan Metode (untuk penelitian sosial keterangan bahan tidak perlu dicantumkan)

Bahan (sub bab ditulis cetak miring dengan huruf besar di awal kata, berjarak 1 spasi dari judul bab)

Bahan-bahan yang digunakan ditulis pada bagian ini. Apabila mencantumkan bahan dan alat, sebaiknya dicantumkan pula merek dan tipe untuk alat: spektrofotometer (KJ-2097, Jerman) dan produsen pembuat untuk bahan kimia: HCL 1N (nama produsen). Dalam penelitian sosial, keterangan bahan tidak perlu dicantumkan.

 

Metode

Kalimat di bawah sub bab ditulis tanpa jarak dengan judul. Apabila terdapat persamaan matematika, persamaan dibuat dengan equation editor dan diberi nomor sesuai dengan urutan persamaan yang ada.

 

Pengujian Kekuatan Gel (sub dari sub bab ditulis garis bawah dengan huruf besar di awal kata)

Kalimat di bawah sub bab ditulis tanpa jarak dengan judul.

 

Hasil dan Pembahasan

Hasil

Hasil dan pembahasan yang dicantumkan adalah hasil-hasil dalam temuan penelitian yang dijelaskan secara saintifik yang ditunjang dengan literatur yang memadai atau literatur terbaru. Hasil dari penilitian haruslah menjawab hipotesis penelitian pada bagian pendahuluan.

 

Pembahasan

Penulisan satuan-satuan ditulis mengikuti format SI sebagai berikut: penulisan satuan volume, berat dan panjang ditulis dengan huruf kecil semua dalam singkatan seperti l untuk liter (bukan L), m untuk meter dan g untuk gram (bukan gr). Penulisan suhu ditulis dengan format seperti berikut: 24oC. Penulisan rumus kimia ditulis menurut aturan penulisan yang benar: HCl, H2SO4 dan lain-lain.

Apabila ingin menyajikan gambar, grafik dan tabel, mengikuti format seperti di bawah ini:

 

 

 

 

Gambar 1. Jenis ikan Platax (nama ilimiah) (penulisan dengan huruf besar hanya pada awal kalimat dan diakhiri dengan tanda titik. Apabila judul lebih dari 1 baris, baris kedua sejajar dengan awal kalimat.

Keterangan:    Gambar sebaiknya disajikan dalam bentuk jpeg atau GIF dan sebaiknya disertai dengan skala pembanding agar mempermudah pembaca. Apabila terdapat keterangan gambar, ditulis juga dalam huruf arial dan diharapkan membuatnya dengan posisi fix (tidak dapat di geser-geser) untuk mencegah bergesernya keterangan gambar selama proses editing.

 

 

 

Grafik dibuat dengan tanpa garis axis dan garis tepi/bingkai. Huruf dan angka ditulis menggunakan arial 11 pt tidak dibold. Besarnya gambar dibuat proporsional agar terlihat dengan jelas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2. Persentase Tutupan Karang Genus Favia

 

Persentase tutupan karang genus Favia sebesar 1,09 % lebih besar jika dibandingkan dengan hasil persentase tutupan karang Favia yang diperoleh Tombokan et.al (2017) di bagian selatan Pulau Siladen dengan nilai persentase tutupan sebesar 0,67 %. Hasil persentase yang diperoleh menunjukkan bahwa kontribusi karang genus Favia dalam menyusun struktur komunitas di rataan terumbu Kampung Ambong tergolong besar.

Pengamatan terhadap koloni dari enam spesies Favia yang ditemukan menunjukkan adanya perbedaan ukuran rata-rata diameter dari setiap koloni. Ukuran rata-rata diameter koloni yang ditemukan di lokasi penelitian dapat dilihat pada Gambar 3. Favia rotundata merupakan spesies yang memiliki rata-rata diameter koloni terbesar (26,02 cm), kemudian diikuti oleh spesiesFavia truncatus (19,80 cm),Favia favus(14,16 cm), Favia matthaii (12,83 cm), Favia speciosa (11,91 cm).Faviapallida merupakan karang genus Favia yang memiliki rata-rata diameter koloni terkecil yaitu 10,85 cm.

 

 

 

Gambar 3. Diameter koloni spesies karang Genus Favia

 

 

Tabel dibuat tanpa garis kolom. Garis pada baris hanya pada judul dan penutup bagian bawah.

Tabel 1. Judul tabel ditulis dengan huruf besar hanya pada awal kalimat dan diakhiri dengan tanda titik. Apabila judul lebih dari 1 baris, baris kedua sejajar dengan awal kalimat.

 

 

 

 

Tabel 1. Indeks Dominasi Spesies Karang Genus Favia yang ditemukan di Rataan Terumbu Desa Likupang Kampung Ambong

No

Spesies

Indeks Dominasi

1

Favia pallida

0.139

2

Favia favus

0.086

3

Favia rotundata

0.006

4

Favia speciosa

0.035

5

Favia truncatus

0.001

6

Favia matthaii

0.002

 

 

 

Setiap persamaan ditulis rata kiri kolom dan diberi nomor yang ditulis dalam kurung dan ditempatkan pada bagian akhir margin kanan. Persaam ditulis dengan Equation Editor (Ms Word), bukan dalam bentuk gambar (GIF,JPG, etc).

Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan

Ditulis dalam bentuk paragraf.

Saran

Ditulis dalam bentuk paragraf.

Ucapan Terima kasih (Opsional)

 

Daftar Pustaka

(Ditulis urut abjad, Sumber Acuan, sesuai dengan format di bawah ini)

Daftar pustaka harus berisi pustaka acuan berasal dari sumber primer, pustaka terbaru atau minimal 10 tahun terakhir dan berjumlah minimum 75% dari keseluruhan daftar pustaka. Rujukan atau sitasi ditulis di dalam uraian/teks. Disarankan menggunakan aplikasi pengolahan daftar pustaka misalnya Mendeley, Zotero dan Endnote.

Untuk daftar pustaka berupa buku (25%)

Agung, L., A.M. Laksono, J.K. Suhardi & K.I. Prawiro. 2009. Judul artikel. Penerbit, apabila buku. Kota terbit. halaman.

Untuk daftar pustaka berupa jurnal (75%)

Sumilat, D. A. (2019). Antibacterial Screening Activity of Several Sponges Against Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Staphylococcus saprophyticus, dan Pseudomonas aeruginosa. JURNAL ILMIAH PLATAX7(2), 455-461.