EFEKTIVITAS INFORMASI PELAYANAN PERIZINAN MELALUI WEBSITE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPM-PTSP) KOTA MANADO

Stevani A.P Polii

Abstract


ABSTRAK

Untuk meningkatkan pelayanan kepada public, Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) melakukan terobosan dengan membuat sebuah program pemberian informasi pelayanan perizinan melalui website. Dengan menggunakan metode kualitatif ((Malo, 2003), penelitian ini akan mengkaji efektifitas dari program pemberian informasi pelayanan perizinan melalui website dalam meningkatkan kualitas pelayanan public di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Manado. Efektifitas ini akan dikaji dengan menggunakan pendekatan yang dikemukakan oleh Edy Sutrisno (2007) yang mengatakan untuk melihat efektifitas suatu program dapat dilihat dari beberapa indicator, antara lain: bagaimana pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan adanya perubahan yang nyata. Temuan penelitian menggambarkan program pemberian informasi pelayanan melalui website yang dijalankan oleh DPM-PTSP tidak efektif. Terdapat dua faktor yang membuat pelayanan melalui website SIP2T tidak efektif, yaitu: kurangnya sosialisasi kepada masyarakat sehingga masih banyak masyarakat yang belum mengetahui pelayanan melalui website sehingga masih ada saja masyarakat yang datang ke kantor untuk mengurus perizinan. Faktor lain adalah waktu pelaksanaan pengurusan perizinan yang belum sesuai SOP yang telah di tetapkan, yang terbukti dari masyarakat masih kesulitan dalam mengakses website SIP2T. hal ini menunjukan masih tidak efektivitasnya pelayanan melalui website SIP2T.

 

Kata Kunci: Efektifitas; Pelayanan Perizinan; DPM-PTSP

 

ABSTRACT

To improve services to the public, the Investment Service and One Stop Integrated Services (DPM-PTSP) made a breakthrough by creating a program to provide information on licensing services through the website. By using qualitative methods ((Malo, 2003), this study will examine the effectiveness of the licensing service information provision program through the website in improving the quality of public services at the Manado City Investment and One Stop Integrated Services Agency. This effectiveness will be examined using the approach stated by Edy Sutrisno (2007) who says to see the effectiveness of a program can be seen from several indicators, including: how to understand the program, right on target, on time, to achieve goals, and there are real changes. which is run by DPM-PTSP is ineffective. There are two factors that make services through the SIP2T website ineffective, namely: lack of socialization to the community so that there are still many people who do not know about services through the website so that there are still people who come to the office to ask. take care of permits. Another factor is the implementation time of licensing that is not in accordance with the SOP that has been determined, which is evident from the community that it is still difficult to access the SIP2T website. This shows the ineffectiveness of services through the SIP2T website.

 

Keywords: Effectiveness; Licensing Services; DPM-PTSP


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Politico FISIP UNSRAT