EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI BIVI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MANADO

Silmi Fajriani Mardiana

Abstract


ABSTRAK

                Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat, pemerintah Kota Manado melakukan inovasi yaitu dengan menggunakan aplikasi BIVI yaitu aplikasi untuk mendaftar antrian dalam mengurus dokumen. Dengan menggunakan metode kualitatif (Sugiyono, 2010), penelitian ini mengkaji efektifitas dari penggunaan aplikasi BIVI khususnya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Efektifitas akan dilihat dengan menggunakan pendekatan yang dikemukakan oleh Martani dan Lubis (1987), tentang indicator untuk pengukuran efektifitas yaitu: Pendekatan Sumber (resource approach), Pendekatan proses (process approach), dan Pendekatan sasaran (goals approach). Temuan penelitian menggambarkan Pada pendekatan proses, dalam proses layanan aplikasi ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Manado sudah menyediakan 4 buah server. Dalam hal ini (proses layanan online) beberapa masyarakat sudah merasa baik terhadap layanan aplikasi ini, tetapi ada sebagian masyarakat juga yang beum merasakan layanan yang maksimal dari aplikasi ini, seperti dalam proses pengurusan tidak adanya kepastian dalam proses pelayanan. ketidak pastian tersebut berupa, ada masyarakat yang masih mendaftar secara langsung tanpa melalui apliaksi ini. dan ada masyarakat yang sudah menunggu sangat lama sudah tidak sesuai lagi dengan SOP (standar operating procedur) waktu yang ada. Dan pada aspek pendekatan sasaran, pada pendekatan ini masih ada masyarakat yang tidak dapat mengurus dokumennya karena hambatan-hambatan yang terjadi dalam aplikasi tersebut seperti tidak adanya kepastian dalam proses layanannya dan masyarakatyang sudah menunggu dengan waktu yang sangat lama.

                                                                                                                

Kata Kunci: Efektifitas; BIVI

 

 

ABSTRACT

To improve the quality of service to the community, the Manado City government has made an innovation by using the BIVI application, which is an application to register queues for processing documents. By using qualitative methods (Sugiyono, 2010), this study examines the effectiveness of using the BIVI application, especially in the Department of Population and Civil Registration. Effectiveness will be seen using the approach proposed by Martani and Lubis (1987), regarding indicators for measuring effectiveness, namely: the resource approach, the process approach, and the goals approach. The research findings describe the process approach, in this application service process the Manado City Population and Civil Registration Service has provided 4 servers. In this case (online service process) some people already feel good about this application service, but there are also some people who have not felt the maximum service from this application, such as in the process of processing there is no certainty in the service process. The uncertainty is that there are people who still register directly without going through this application. and there are people who have been waiting for a very long time and are no longer in accordance with the existing SOP (standard operating procedure). And in the aspect of the target approach, in this approach there are still people who cannot take care of their documents because of the obstacles that occur in the application such as the absence of certainty in the service process and people who have been waiting for a very long time.

 

Keywords: Effectiveness; BIVI


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Politico FISIP UNSRAT