Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel belum pernah dipublikasi sebelumnya dan tidak dalam pertimbangan untuk publikasi di jurnal lain.
  • File submisi dalam format Microsoft Word.
  • Artikel ini adalah tulisan orsinil bukan hasil plagiasi dari artikel lain.
  • Artikel sesuai format dalam panduan penulis dan panduan pustaka yang diberikan.
  • Format penulisan Daftar Pustaka sudah sesuai dengan panduan yang disediakan.

Author Guidelines

  1. Template dokumen yang disubmisi secara patuh menggunakan template submisi yang disediakan. Jumlah halaman 3-8 halaman dalam format pengetikan (spasi, ukuran font dan pengaturan sub-judul) sesuai template yang disediakan. Font tipe Calibri ukuran 11 point (kecuali judul 12 point); jarak 1 spasi antar baris dalam paragraf; jarak 1.5 spasi antar paragraf; margin atas, bawah kiri kanan 2.54 cm (1 inch).
  2. Submisi artikel dilakukan secara online dengan mengunggah artikel dalam format docx melalui website Silvarum di e-journal UNSRAT. Info lebih lanjut bisa diperoleh pada website informasi jurnal Silvarum di bit.ly/silvarum
  3. Pedoman Penulis
  4. Judul Artikel: Judul artikel harus ditulis dengan singkat dan jelas, serta harus menunjukkan masalah yang akan diangkat, tidak membuka peluang penafsiran ganda, ditulis seluruhnya menggunakan aturan PUEBI. Judul artikel tidak boleh mengandung singkatan yang tidak umum digunakan. Gagasan utama yang dikemukakan baru diikuti dengan penjelasan lainnya.
  5. Ringkasan: Sesi ini merupakan rangkuman keseluruhan artikel yang memberikan kepada pembaca tentang temuan dan kebaruan.
  6. Pendahuluan: Sesi ini harus berisi (berturutan) latar belakang umum, tinjauan teoritis sebagai dasar untuk mengklaim kebaruan ilmiah dari artikel yang ditulis, pernyataan kebaruan ilmiah, dan masalah penelitian atau hipotesis. Pada bagian akhir pendahuluan harus ditulis tujuan penelitian atau penulisan. Tidak diperbolehkan adanya tinjauan pustaka seperti dalam laporan penelitian, tetapi pernyataan lengkap sudah tercakup dalam bagian kebaruan ilmiah.
  7. Material dan Metode: Pada bagian ini diisi tentang bahan pokok yang digunakan dalam penelitian dan metode yang digunakan dalam memecahkan masalah, termasuk metode analisis. Bahan yang ditulis disini hanya berupa bahan utama yang tidak umum saja. Peralatan yang tertulis di bagian ini hanya berisi peralatan utama yang dilengkapi dengan merek (misalnya: Tungku Listrik (Carbolite)). Komponen peralatan pendukung tidak perlu ditulis. Metode yang digunakan dalam penyelesaian penelitian tertulis pada bagian ini. Metode tidak harus memiliki nama standar tapi harus bisa dimengerti dan bisa dilakukan kembali oleh pembaca.
  8. Hasil dan Pembahasan: Hasil dan Pembahasan harus dipisahkan. Silahkan tuliskan temuan ilmiah yang diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yang didukung dengan data yang memadai. Temuan ilmiah yang dimaksud di sini bukanlah data hasil penelitian. Temuan dijelaskan secara deskriptif dan dibahas berdasarkan dukungan ilmiah yang memadai dan harus dibandingkan dengan hasil peneliti lain tentang topik yang sama. Hasil penelitian dan pembahasan harus menjawab pertanyaan atau hipotesis penelitian dalam pendahuluan.
  9. Kesimpulan: Kesimpulan adalah jawaban terhadap masalah yang dirumuskan di sesi pendahuluan. Kesimpulan tidak berisi perulangan hasil dan pembahasan, tetapi berupa rangkuman dari temuan. Pada bagian akhir kesimpulan dapat juga gagasan untuk penelitian lanjutan.
  10. Penghargaan Terima Kasih: Ucapan terima kasih terutama ditujukan kepada penyandang dana atau donor penelitian. Ucapan terima kasih juga dapat disampaikan kepada Para Pihak yang mendukung terselenggaranya penelitian. Sesi ini bersifat opsional.
  11. Daftar Pustaka: Semua referensi yang dirujuk dalam teks artikel harus dicantumkan pada Daftar Pustaka. Referensi harus berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah) minimal 80% dari total daftar pustaka. Pedoman penulisan mengacu pada Panduan Penulisan Daftar Pustaka yang disediakan di sini.

Abstrak

Abstrak lengkap, jelas, dan relevan.

Artikel

Artikel yang dipublikasi merupakan hasil penelitian yang mamberikan kontribusi kebaruan dalam bidang ilmu kehutanan.

Ulasan

Ulasan berisi konsep penting yang bisa merupakan inovasi dan kebaharuan terhadap sumber daya kehutanan maupun pendekatan dalam pemecahan masalah dalam ilmu kehutanan

Daftar Pustaka

Editor Daftar Pustaka

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara khusus untuk kepentingan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk kepentingan lain atau kepada pihak lain.