Potensi dan Pemanfaatan Aren (Arenga pinnata Merr.) di Desa Wanga, Kecamatan Motoling Timur, Kabupaten Minahasa Selatan

Authors

  • Nindy M.G. Seroan Program Studi Kehutanan, Universitas Sam Ratulangi
  • Marthen T. Lasut Program Studi Kehutanan, Universitas Sam Ratulangi
  • Semuel P. Ratag Program Studi Kehutanan, Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35791/sil.v1i3.43494

Abstract

Aren adalah salah satu jenis tanaman palma yang hampir tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hampir seluruh bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan mulai dari nira, batang, buah, daun, lidi dan ijuk (Ruslan, 2018).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan pemanfaatan aren (Arenga pinnata Merr.) di Desa Wanga, Kecamatan Motoling Timur, Kabupaten Minahasa Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2022 di Desa Wanga Kecamatan Motoling Timur Kabupaten Minahasa Selatan. Metode pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi lapangan. Pemilihan responden dilakukan dengan metode purposive sampling atau teknik pemilihan responden dengan kriteria atau pertimbangan tertentu yaitu, responden merupakan masyarakat asli Desa Wanga dan berprofesi sebagai petani aren. Berdasarkan hasil penelitian ini pemanfaatan aren di Desa Wanga memanfaatkan bagian bunga (nira) aren yang kemudian diolah menjadi cap tikus, gula batu dan gula semut. Dengan masing-masing yang mengolah aren menjadi cap tikus sebanyak 27 orang (64%), gula batu sebanyak 14 orang (33%) dan gula semut sebanyak 1 orang (3%). Dari pemanfaatan bunga (nira) aren produk yang paling banyak dihasilkan yaitu cap tikus diikuti gula batu dan yang paling sedikit gula semut.

References

Arikunto, S.. 2005. Manajemen Penelitian. Buku. Rineka Cipta. Jakarta

Effendy, M.T., D. Naemah, & E. Winarni. 2013. Studi Potensi Tanaman Aren (Arenga Pinnata) di Desa Batang Kulur, Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Laporan Penelitian. Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru

Fatriani, Sunardi, & F.N.S. Prayudi. 2012. Pengaruh Umur Pohon Aren (Arenga pinnata MERR) Terhadap Produksi Nira di Desa Pulantan Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Hutan Tropis, 13(1): 11-17.

Ferita, I., Tawarati, & Z. Syarif. 2015. Identifikasi dan Karakterisasi Tumbuhan Enau (Arenga pinnata) di Kabupaten Gayo Lues. Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia, 1(1): 31-37.

Lasut, M.T.. 2012. Budidaya Yang Baik Aren (Arenga pinnata (Wurmb) Merr.). Universitas Sam Ratulangi dan Universitas Texas A&M. Manado.

Lempang, M.. 2012. Pohon Aren dan Manfaat Produksinya. Balai Penelitian Kehutanan Makassar (Info Teknis Eboni). Makassar.

Lutony, T.L.. 1993. Tanaman Sumber Pemanis. P.T Penebar Swadaya. Jakarta.

Paulus, P., S. Zainal, & Oramahi. 2020. Persepsi Masyarakat Terhadap Pemanfaatan Tanaman Aren (Arenga pinnata Merr) Di Desa Sekabuk Kecamatan Sadaniang Kabupaten Mempawah. Jurnal Hutan Lestari, (1): 41-49.

Ruslan, S.M.. 2017. Potensi Dan Pemanfaatan Tanaman Aren (Arenga pinnata) Dengan Pola Agroforestri Di Desa Palakka, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Suhesti, E. & Hadinoto. 2015. Hasil Hutan Bukan Kayu Madu Salang di Kabupaten Kampar (Studi Kasus: Kecamatan Kampar Kiri Tengah). Wahana Forestra: Jurnal Kehutanan, 10(2): 16-26.

Downloads

Published

2022-09-15

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>