PENGEMBANGAN KAWASAN PESISIR YANG BERKELANJUTAN DI KABUPATEN MINAHASA UTARA

Ravel Binilang, F. J. Papia, Pierre H Gosal

Abstract


Kegiatan pengelolaan wisata pantai secara terpadu dan berkelanjutan diperlukan untuk dapat memberi kontribusi pada peningkatan pendapatan baik pada masyarakat maupun pemerintah daerah setempat. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh strategi pengembangan kawasan wisata pantai yang merupakan sebuah konsep yang akan menjadi acuan dalam pengembangan kawasan pariwisata pantai di Minahasa Utara.  kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan antara lain mengidentifikasi dan menganalisis kondisi pesisir serta potensi wisata pesisir yang berada di Minahasa Utara dan membuat strategi pengembangan wisata pesisir yang berkelanjutan di Kabupaten Minahasa Utara.

Metode yang digunakan meliputi pengumpulan data primer melalui observasi dengan cara pengamatan secara langsung di kawasan wisata dan melaksanakan wawancara langsung kepada setiap responden (pengunjung) serta Dinas Pariwisata. Pengumpulan data sekunder melalui Dinas Kebudayaan, Pemuda Olah Raga dan Pariwisata, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah serta Badan Pusat Statistik Kabupaten Minahasa Utara. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan analisis Deskriptif kualitatif dan Analisa SWOT.

Berdasarkan Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa di Minahasa Utara memiliki klasifikasi wisata, yaitu wisata bahari, wisata buatan, wisata alam dan wisata agro. Potensi-potensi kawasan wisata yang dimiliki sangat banyak, dan yang menjadi fokus dalam kawasan pengembangan pariwisata yaitu  wisata bahari/pantai. Kondisi eksiting kawasan periwisata di Kabupaten Minahsa Utara cukup baik. Faktor kurangnya aksesbilitas merupakan salah satu kendala dalam sektor pengembangan pariwisata, sehingga perlu adanya penambahan prasarana untuk dermaga sandaran kapal pada 11 titik lokasi wisata, serta penambahan jalur untuk trayek bus jalur laut maupun untuk trayek bus jalur darat. Prioritas pembangunan menjadi hal yang sangat penting dalam pengembangan kawasan pariwisata di Kabupaten Minahasa Utara khususnya kawasan wisata pesisir agar pembangunan dan pengelolaan pariwisata bisa berjalan dengan baik.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Wisata Pesisir, Berkelanjutan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.