PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP LOKASI PASAR BARU DESA BOLANGITANG KABUPATEN BOLAANG-MONGONDOW UTARA

Sitti P Olii

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana persespi dari pedagang pasar selaku produsen terhadap rencana relokasi pasar dan lokasi pasar baru, serta untuk mengetahui seperti apa kondisi eksisting dari lokasi pasar lama maupun lokasi pasar yang baru. Lokasi penelitian ini dilakukan di dua tempat yakni di lokasi pasar lama dan lokasi pasar yang menjadi arahan relokasi pasar tradisional Bolangitang Dua. Dengan menggunakan pedagang pasar sebagai responden dengan jumlah sampel 163. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kuesioner, dan dokumentasi serta menggunakan metode kualitatif sebagai metode penelitian dengan pengolahan data menggunakan perangkat SPSS. Hasil akhir penelitian ini yaitu memahami kondisi eksisting dari lokasi pasar baru dan pasar lama, serta mengetahui persepsi dari pedagang pasar terhadap program relokasi dan lokasi pasar yang baru yaitu : kondisi eksisting lokasi pasar lama dinilai lebih baik untuk dijadikan lokasi berdagang (pasar tradisional) dibandingkan lokasi pasar yang lama baik dari segi tataguna lahan, luas lahan, jarak, sirkulasi jalan hingga kepadatan bangunan, topografi dan ketersediaan drainase. Dari hasil analisis diketahui sebagian besar atau 75% pedagang yang berada di lokasi pasar lama setuju dengan rencana relokasi pasar tersebut. Dan lebih dari 70% pedagang yang ada juga menilai lokasi pasar tradisional yang baru merupakan sebuah lokasi yang strategis, yang mempunyai kondisi lingkungan yang baik dan aksesbilitas yang baik pula.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.