PKM SD INPRES 2 PAKUWERU KECAMATAN TENGA KABUPATEN MINAHASA SELATAN: EKOWISATA BERBASIS KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN KONSERVASI

Authors

  • Regina Rosita Butarbutar
  • Hard Napoleon Pollo

DOI:

https://doi.org/10.35799/tsj.v2i2.34124

Keywords:

Siswa, Ekowisata, Konservasi, Keanekaragaman Hayati, Minahasa Selatan

Abstract

Pendidikan pada siswa usia dini sangat penting untuk dilakukan dimana pada usia tersebut para siswa lebih cepat menerima pembelajaran. Hal yang perlu diketahui oleh siswa adalah memahami dan mengenal lingkungan alam sekitar misalnya tumbuhan. Tumbuhan sangat berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Tumbuhan juga dapat digunakan sebagai lambang atau simbol konservasi yang sering digunakan dalam mempromosikan ekowisata suatu daerah. Dimana ekowisata merupakan suatu bentuk perjalanan wisata yang bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian lingkungan dan memberikan peningkatan ekonomi pada masyarakat sekitar. Oleh karena itu para guru dan siswa sebagai mitra dalam kegiatan PKM ini perlu sekali mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang benar tentang konsep ekowisata berbasis keanekaragaman hayati dan konservasi.

Kegiatan ini dilaksanakan di SD Inpres 2 Pakuweru Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan pada tanggal 16 Juni 2020. Tujuan kegiatan ini dilakukan adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai ekowisata berbasis keanekaragaman hayati dan konservasi khususnya tumbuhan. Metode yang dilakukan pada kegiatan PKM adalah bentuk penyuluhan yang didalamnya memuat edukasi tentang konsep ekowisata yang berbasis keanekaragaman hayati dan konservasi serta pelatihan pada mitra melalui pemberian beberapa bibit pohon untuk ditanaman di lingkungan sekolah sebagai bentuk implementasi siswa dalam menjaga keanekaragaman hayati dan melestarikan tumbuhan.

Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adalah peningkatan wawasan dan ilmu pengetahuan kelompok mitra (siswa SD kelas 3 – 6) mengenai ekowisata berbasis keanekaragaman hayati dan konservasi dimana nilai mitra pada mata pelajaran IPA meningkat. Mitra sudah mengenal keanekaragaman tumbuhan dan melakukan konservasi melalui penanaman jenis pohon di sekitar lingkungan sekolah. Di samping itu mitra berperan dalam menjaga, melindungi dan melestarikan tumbuhan.

Downloads

Published

2021-05-29

Issue

Section

Articles