PENGARUH REFORMASI BIROKRASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN MINAHASA UTARA

Josef Kurniawan Kairupan

Abstract


AbstrakReformasi birokrasi dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yangbaik (good governance), dimana reformasi birokrasi adalah langkah starategis untuk membangunaparatur sipil negara agar lebih berkualitas dalam mengemban tugas umum pemerintahan, sebagaipenyelenggara pelayanan publik dengan tujuan memenuhi kebutuhan masyarakat baik berupa barangatau jasa sesuai dengan standar dan peraturan yang telah ditetapkan.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui reformasi birokrasi di DinasKependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa Utara, untuk mengetahui kualitas pelayananpublik dan untuk mengetahui apakah reformasi birokrasi mempunyai hubungan dengan kualitaspelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif denganmenggunakan teknik analisis korelasi product moment. Data–data diperoleh dengan menyebarkankuisoner kepada responden sebanyak 32 orang.Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat hubungan reformasibirokrasi dengan kualitas pelayanan publik. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan Koefisien KorelasiProduct Moment sebesar 0,466 dan dari tabel nilai “r” product moment untuk n=32, taraf kesalahan 5 %maka harga r tabel =0,349. Dengan demikian nilai t-hitung <r-tabel(0,466>0,349) dan ini berarti bahwakoefisien korelasi signifikan dan memiliki hubungan reformasi birokrasi dengan kualitas pelayananpublik.Kata Kunci: Reformasi, Birokrasi,Kualitas Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh :

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado

Editorial Office :

Jl. Kampus Unsrat Bahu, Malalayang - Manado 95115

Phone: +6281295145441