Partisipasi Masyarakat Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Di Kelurahan Tempinp Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi Kota Jambi

Putri Ida Pasaribu, Gustaaf Budi Tampi, Jericho Pombengi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab masih kurangnya partisipasi masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kelurahan Tempino Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi Kota Jambi.
Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Reduksi data, Penyajian data, dan Verifikasi data / penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat wajib pajak dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kelurahan Tempino belum optimal. faktor yang menghambat dalam membayar pajak bumi dan bangunan adalah kurangnya partisipasi wajib pajak dimana tidak sadar akan kewajibannya untuk membayar pajak yang menyebabkan pembayaran pajak ini tidak berjalan dengan efektif. Wajib pajak harus meningkatkan kesadaran dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan Karena, dengan membayar pajak dengan rutin wajib pajak berpartisipasi dalam pembangunan daerahnya khususnya untuk Kota Jambi.
Partisipasi masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kelurahan Tempino belum baik karena tingkat komunikasi, sikap petugas Pajak Bumi dan Bangunan, kesadaran, pendidikan, dan tanggung jawab belum optimal.
Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat. Pajak Bumi dan Bangunan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh :

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado

Editorial Office :

Jl. Kampus Unsrat Bahu, Malalayang - Manado 95115

Phone: +6281295145441