STRATEGI PROMOSI PARIWISATA BUNGA DI KOTA TOMOHON
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Promosi Pariwisata Bunga di Kota
Tomohon yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Berdasarkan analisis lingkungan internal dan analisis lingkungan eksternal, ditemukan kekuatan dan
kelemahan dari promosi pariwisata bunga di Kota Tomohon, serta didapatkan juga peluang dan juga
ancaman didalam kegiatan promosi pariwisata bunga di Kota Tomohon. Teknik Analisis Data yang
digunakan adalah analisis SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity, Threats) dari Griffin (2004:228).
Menurut Griffin (2004:228), analisis SWOT adalah evaluasi atas kekuatan (strengths) dan kelemahan
(weaknes) internal suatu organisasi yang dilakukan secara berhati-hati, dan juga evaluasi atas
peluang (opportunities) dan ancaman (threats) eksternal dari lingkungan. Berdasarkan hasil
penelitian, ada sepuluh (10) isu yang merupakan formulasi strategi dari analisis SWOT, dan melalui
Internal Factory Analysis Summary (IFAS) dan External Factory Analysis Summary (EFAS)
didapatkan posisi Dinas Pariwisata Kota Tomohon dalam Promosi Pariwisata Bunga berada pada
Kuadran I, yaitu Strategi S-O sehingga Dinas Pariwisata Kota Tomohon disarankan mengambil
strategi agresif dengan memaksimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang dengan sangat
optimal. Kemudian, melalui uji tes litmus, didapatkan empat (4) isu yang masuk dalam kategori
strategis, dan 6 isu dalam kategori cukup strategis.
Kata Kunci : Strategi Promosi, Pariwisata Bunga, Analisis SWOT
Tomohon yang tepat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Berdasarkan analisis lingkungan internal dan analisis lingkungan eksternal, ditemukan kekuatan dan
kelemahan dari promosi pariwisata bunga di Kota Tomohon, serta didapatkan juga peluang dan juga
ancaman didalam kegiatan promosi pariwisata bunga di Kota Tomohon. Teknik Analisis Data yang
digunakan adalah analisis SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity, Threats) dari Griffin (2004:228).
Menurut Griffin (2004:228), analisis SWOT adalah evaluasi atas kekuatan (strengths) dan kelemahan
(weaknes) internal suatu organisasi yang dilakukan secara berhati-hati, dan juga evaluasi atas
peluang (opportunities) dan ancaman (threats) eksternal dari lingkungan. Berdasarkan hasil
penelitian, ada sepuluh (10) isu yang merupakan formulasi strategi dari analisis SWOT, dan melalui
Internal Factory Analysis Summary (IFAS) dan External Factory Analysis Summary (EFAS)
didapatkan posisi Dinas Pariwisata Kota Tomohon dalam Promosi Pariwisata Bunga berada pada
Kuadran I, yaitu Strategi S-O sehingga Dinas Pariwisata Kota Tomohon disarankan mengambil
strategi agresif dengan memaksimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang dengan sangat
optimal. Kemudian, melalui uji tes litmus, didapatkan empat (4) isu yang masuk dalam kategori
strategis, dan 6 isu dalam kategori cukup strategis.
Kata Kunci : Strategi Promosi, Pariwisata Bunga, Analisis SWOT
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Diterbitkan oleh :
Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado
Editorial Office :
Jl. Kampus Unsrat Bahu, Malalayang - Manado 95115
Phone: +6281295145441