MANAJEMEN STRATEGIS PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA MOTOLING DUA KECAMATAN MOTOLING KABUPATEN MINAHASA SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Strategis Pemerintah Desa dalam
Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Desa Motoling Dua Kecamatan Motoling Kabupaten
Minahasa Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik
analisis data SWOT. Analisis Swot dilakukan dengan matriks Internal Factory Analysis Summary
(IFAS) dan External Factory Analysis Summary (EFAS) untuk menunjukkan posisi organisasi saat
ini. Dari hasil analisis data tersebut pemerintah desa Motoling Dua saat ini berada pada posisi di
antara sumbu Peluang dan Kelemahan yakni Kuadran III (Strategi W-O), dimana pemerintah desa
Motoling Dua mendapatkan peluang eksternal tetapi di lain pihak ia menghadapi beberapa
kendala/masalah internal. Sehingga dalam kondisi yang demikian pemerintah desa perlu melakukan
strategi Turn around yaitu memperbaiki atau meminimalkan masalah-masalah internal organisasi
sehingga dapat merebut peluang dari luar tersebut dengan baik. Berdasarkan hasil analisis matrik
SWOT ditetapkan enam isu strategi yang kemudian dilanjutkan dengan pengujian tingkat
kestrategisan isu dengan Litmus Test dan melalui uji litmus terdapat 4 isu yang masuk dalam kategori
strategis yaitu isu tentang Meningkatkan kualitas SDM aparatur pemerintah secara berkala melalui
pelatihan-pelatihan untuk mengatasi masalah dalam pelayanan publik, isu tentang Memanfaatkan
teknologi dan media informasi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik sesuai dengan
harapan masyarakat, isu tentang Menetapkan kebijakan dan peraturan yang jelas untuk
meningkatkan kualitas pelayanan publik serta meningkatkan loyalitas aparatur dalam memberikan
ISSN 2338 – 9613
JAP No. 103 Vol. VII 2021
77
pelayanan melalui pemanfaaatan teknologi yang optimal) dan isu tentang Meningkatkan sarana dan
prasarana agar kebutuhan pelayanan publik yang semakin tinggi terasa nyaman dan terdapat dua isu
yang memiliki tingkat kestrategisan cukup strategis berdasarkan hasil dari litmus test yaitu isu
tentang Meningkatkan sosialisasi tentang program pelayanan agar partisipasi dan kesadaran
masyarakat dalam pelayanan publik dapat meningkat dan isu tentang Meningkatkan koordinasi dan
kerjasama antar pegawai agar kebutuhan pelayanan yang semakin tinggi dapat terpenuhi sesuai
dengan harapan masyarakat).
Kata Kunci : Manajemen Strategis, Pemerintah Desa, Pelayanan Publik
Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Desa Motoling Dua Kecamatan Motoling Kabupaten
Minahasa Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik
analisis data SWOT. Analisis Swot dilakukan dengan matriks Internal Factory Analysis Summary
(IFAS) dan External Factory Analysis Summary (EFAS) untuk menunjukkan posisi organisasi saat
ini. Dari hasil analisis data tersebut pemerintah desa Motoling Dua saat ini berada pada posisi di
antara sumbu Peluang dan Kelemahan yakni Kuadran III (Strategi W-O), dimana pemerintah desa
Motoling Dua mendapatkan peluang eksternal tetapi di lain pihak ia menghadapi beberapa
kendala/masalah internal. Sehingga dalam kondisi yang demikian pemerintah desa perlu melakukan
strategi Turn around yaitu memperbaiki atau meminimalkan masalah-masalah internal organisasi
sehingga dapat merebut peluang dari luar tersebut dengan baik. Berdasarkan hasil analisis matrik
SWOT ditetapkan enam isu strategi yang kemudian dilanjutkan dengan pengujian tingkat
kestrategisan isu dengan Litmus Test dan melalui uji litmus terdapat 4 isu yang masuk dalam kategori
strategis yaitu isu tentang Meningkatkan kualitas SDM aparatur pemerintah secara berkala melalui
pelatihan-pelatihan untuk mengatasi masalah dalam pelayanan publik, isu tentang Memanfaatkan
teknologi dan media informasi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik sesuai dengan
harapan masyarakat, isu tentang Menetapkan kebijakan dan peraturan yang jelas untuk
meningkatkan kualitas pelayanan publik serta meningkatkan loyalitas aparatur dalam memberikan
ISSN 2338 – 9613
JAP No. 103 Vol. VII 2021
77
pelayanan melalui pemanfaaatan teknologi yang optimal) dan isu tentang Meningkatkan sarana dan
prasarana agar kebutuhan pelayanan publik yang semakin tinggi terasa nyaman dan terdapat dua isu
yang memiliki tingkat kestrategisan cukup strategis berdasarkan hasil dari litmus test yaitu isu
tentang Meningkatkan sosialisasi tentang program pelayanan agar partisipasi dan kesadaran
masyarakat dalam pelayanan publik dapat meningkat dan isu tentang Meningkatkan koordinasi dan
kerjasama antar pegawai agar kebutuhan pelayanan yang semakin tinggi dapat terpenuhi sesuai
dengan harapan masyarakat).
Kata Kunci : Manajemen Strategis, Pemerintah Desa, Pelayanan Publik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Diterbitkan oleh :
Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado
Editorial Office :
Jl. Kampus Unsrat Bahu, Malalayang - Manado 95115
Phone: +6281295145441