Efektivitas Pelayanan Publik Masa Covid-19 Di Kantor Kelurahan Singkil Dua Kota Manado
Abstract
Permasalahan yang ingin di teliti yaitu bagaimana Efektivitas Pelayanan Publik Masa Covid-19 di
Kantor Kelurahan Singkil Dua Kota Manado. Yang mana bertujuan untuk mengetahui
Efektivitas Pelayanan Publik di Masa Covid-19. Dalam penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh langsung dari lapangan yang di
sesuaikan dengan teori Richard M. Steers (1985) yaitu : pada masa covid-19 adanya bantuan dari
pemerintah untuk di berikan ke masyarakat yang kurang mampu tapi pegawai kelurahan
memberikan bantuan tersebut kepada masyarakat yang masih mampu, sangat sedikit bagi
masyarakat yang kurang mampu mendapatkan bantuan tersebut sehingga masyarakat merasa
aparatur dan pegawai kelurahan belum baik dalam melayani masyarakat, maka masyarakat
belum puas dengan pelayanan aparat kelurahan. Sarana dan prasarana yang ada di kelurahan
singkil dua juga masih perlu diperbaiki. Dari hal tersebut maka pelayanan public belum efektif.
Kelurahan singkil dua sudah menerapkan aturan protocol kesehatan pada saat masyarakat ingin
mendapatkan pelayanan. Proses pelayanan public pada Kelurahan Singkil Dua sudah mengikuti
aturan yang sesuai dengan pembagian system dan mekanisme yang telah ditentukan sehingga
dapat memudahkan pegawai dalam melayani masyarakat.
Kantor Kelurahan Singkil Dua Kota Manado. Yang mana bertujuan untuk mengetahui
Efektivitas Pelayanan Publik di Masa Covid-19. Dalam penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh langsung dari lapangan yang di
sesuaikan dengan teori Richard M. Steers (1985) yaitu : pada masa covid-19 adanya bantuan dari
pemerintah untuk di berikan ke masyarakat yang kurang mampu tapi pegawai kelurahan
memberikan bantuan tersebut kepada masyarakat yang masih mampu, sangat sedikit bagi
masyarakat yang kurang mampu mendapatkan bantuan tersebut sehingga masyarakat merasa
aparatur dan pegawai kelurahan belum baik dalam melayani masyarakat, maka masyarakat
belum puas dengan pelayanan aparat kelurahan. Sarana dan prasarana yang ada di kelurahan
singkil dua juga masih perlu diperbaiki. Dari hal tersebut maka pelayanan public belum efektif.
Kelurahan singkil dua sudah menerapkan aturan protocol kesehatan pada saat masyarakat ingin
mendapatkan pelayanan. Proses pelayanan public pada Kelurahan Singkil Dua sudah mengikuti
aturan yang sesuai dengan pembagian system dan mekanisme yang telah ditentukan sehingga
dapat memudahkan pegawai dalam melayani masyarakat.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Diterbitkan oleh :
Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado
Editorial Office :
Jl. Kampus Unsrat Bahu, Malalayang - Manado 95115
Phone: +6281295145441