Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Kota Kotamobagu

DEVISTA NANASI, Arie Rorong, Salmin Dengo

Abstract


Pelayanan terhadap publik adalah bagian tugas penting yang tentunya tidak dapat dibiarkan begitu saja
terjadi dengan tidak teratur oleh pemerintah sebagai pemberi dan pengembang pelayanan yang harus
diberikan menyesuikan terhadap kebutuhan dan kepentingan masyarakat, dengan adanya pelayaan yang
baik dapat memikat perhatian masyarakat selaku pengguna jasa atau pelanggan dari pelayanan publik
dalam merespon pelayanan yang diterima. Pelayanan terhadap masyarakat yang baik dan maksimal
diharapkan dapat memenuhi lebih dari sekedar keinginan dan harapan dari masyarakat. Memberikan
layanan terhadap masyarakat merupakan sebuah usaha yang diupayakan seeorang/kelompok /institusi
dalam memberi kemudahan serta memberikan bantuan kepada masyarakat yang ada dalam suatu negara,
saat hendapa memenuhi usaha mencapai tujuan yang hendak dicapai, adalah yang dikemukan oleh Thoha
. Sedangkan Menurut Sumrawan kepuasan adalah tingkat perasaan sesudah melakukan perbandingan
terhadap kinerja yang dialami dengan apa yang menjadi harapnya. Dalam penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dan Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan teknik random sampling
serta menggunakan skala ordinal, observasi, dan kepustakaan, dalam pengumpulan data. Pada hasilnya
penelitian ini menunjukan adanya hubungan tingkat sedang antara kualitas pelayanan dengan kepuasan
masyarakat pada kantor dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Kotamobagu.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh :

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado

Editorial Office :

Jl. Kampus Unsrat Bahu, Malalayang - Manado 95115

Phone: +6281295145441