Penanganan Keluhan Masyarakat Pada Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan

Rio Christian Supit, Femmy Tulusan, Very Londa

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui penanganan keluhan masyarakat pada pelayanan kesehatan di Puskesmas
Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpuan data yang digunakan adalah hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini teknik
analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, display data, dan verivikasi dan penarikan kesimpulan. Adapun
teknik keabsahan mengacu pada keabsahaan data akan mengacu pada kriteria-kriteria sebagai berikut: kredibilitas,
keteralihan, kebergantungan, dan kepastian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penanganan pengaduan yang sudah
sesuai dengan ketujuh prinsip tersebut akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan dari suatu organisasi. Analisa
yang peneliti lakukan dalam penelitian dimulai dengan menggambarkan konsep yang ada pada teori, mendeskripsikan
fakta yang ada dilapangan, dan mengaitkannya pada teori serta data pendukung lainnya. Jadi dapat disimpulkan bahwa
bahwa ada hasil yang positif yang didapatkan oleh Puskesmas Amurang Timur pada saat menangani keluhan masyarakat
yang mereka terima. Prinsip penanganan keluhan masyarakat pada pelayanan kesehatan tersebut menjadi kondusif.
Kata Kunci : Penanganan Keluhan, Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh :

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi Manado

Editorial Office :

Jl. Kampus Unsrat Bahu, Malalayang - Manado 95115

Phone: +6281295145441