Simulasi pengaruh trim terhadap stabilitas kapal purse seine

Siti Nafisah Matafi, Heffry V. Dien, Fransisco P.T. Pangalila

Abstract


Trim adalah perbedaan antara draft depan dan draft belakang. Trim merupakan sudut kemiringan kapal secara membujur. Trim biasanya diukur dalam ukuran inci yang dinyatakan sebagai positif dan negatif. Trim terbagi menjadi 3 bagian yaitu: 1) even keel, 2) trim by the head dan 3) trim by the stern. Tujuan penelitian adalah membandingkan pengaruh trim terhadap stabilitas kapal secara simulasi dengan menggunakan aplikasi MultiSurf dan membandingkan hasil perhitungan stabilitas kapal dengan ketentuan yang dianjurkan oleh International Maritime Organisation (IMO). Penelitian ini bersifat simulasi yaitu merupakan bentuk penelitian yang bertujuan untuk mencari gambaran melalui sebuah sistem berskala kecil atau sederhana (model) di mana di dalam model tersebut akan dilakukan manipulasi atau kontrol untuk melihat pengaruhnya. Penelitian ini mirip dengan penelitian eksperimental, perbedaannya adalah di dalam penelitian ini membutuhkan lingkungan yang benar-benar serupa dengan keadaan atau sistem yang asli. Hasil penelitian dua kapal purse seine yang telah disimulasi mempunyai trim by the head, Berdasarkan standar kestabilan kapal menurut International Maritime Organitation(IMO), makakapal Purse Seine Sampel1mempunyaistabilitas yang lebih baik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35800/jitpt.2.0.2015.6966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.