Gambaran pengetahuan dan sikap karyawan media cetak PT. Minahasa Cemerlang Press terhadap pencegahan COVID-19

Britania Chandra Dewi, Gustaaf A. E Ratag, Iyone E. T. Siagian

Abstract


Latar Belakang: Kurangnya pengetahuan dan sikap seseorang tentang kasus COVID-19, dapat mempengaruhi bertambahnya jumlah orang yang terpapar. Hal ini disebabkan akibat ketidaktahuan dalam mencegah dan menangani pandemi COVID-19. Salah satu solusi untuk menambah pengetahuan seseorang tentang COVID-19 adalah dengan menyebarkan informasi yang berkaitan dengan COVID-19 lewat media cetak. Media berperan dalam menyajikan informasi pengetahuan kesehatan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan sikap karyawan media cetak PT. Minahasa Cemerlang Press terhadap pencegahan COVID-19.

Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan sampel sebanyak 42 responden. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis univariat.

Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan karyawan media cetak PT. Minahasa Cemerlang Press terhadap COVID-19 baik yaitu 88,1%, sedangkan pengetahuan yang cukup yaitu 11.9%.  Sikap karyawan media cetak PT. Minahasa Cemerlang Press terhadap pencegahan COVID-19 baik yaitu 81,0%, sedangkan sikap yang cukup yaitu 19.0%.

Kesimpulan: Mayoritas karyawan media cetak PT. Minahasa Cemerlang Press memiliki pengetahuan dan sikap yang baik terhadap pencegahan COVID-19.

Kata kunci: Pengetahuan, Sikap, Karyawan media cetak, COVID-19


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JKKT

d.a. Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado

Malalayang Satu Barat, Malalayang, Manado, Sulawesi Utara, 95115

ISSN: 2337-490X