FAKTOR-FAKTOR INTERNAL PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI LAKBAN KABUPATEN MINAHASA TENGGARA SEBAGAI OBJEK WISATA ANDALAN

Lidya Pomantow, Veronica Kumurur, Hanny Poli, Octavianus H.A. Rogi

Abstract


Salah satu sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Minahsa Tenggara adalah wisata pantai, wisata ini dapat menarik perhatian banyak wisatawan karena keindahan alamnya, objek wisata ini cukup berpotensi untuk dapat dikembangkan sebagai objek wisata andalan di Kabupaten Minahasa Tenggara karena memiliki keindahan alam yang alami. Objek wisata Pantai Lakban saat ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Tenggara. Kabupaten Minahasa Tenggara mempunyai beberapa objek wisata potensial yang dapat memberikan kontribusi bagi pendapat daerah, namun salah satu objek yang bisa menjadi objek wisata andalan yaitu Objek Wisata Pantai Lakban. Namun dari potensi tersebut terdapat beberapa permasalahan yang ada diantaranya yaitu kondisinya belum begitu bagus, baik dilihat dari segi kualitas maupun kuantitas. Hal ini dapat kita lihat bahwa produk wisata yang ditawarkan masih seadanya dengan kata lain fasilitas pariwisata yang ada masih kurang, sedangkan masalah aksesibilitas yaitu kurang tersedianya angkutan umum yang menuju lokasi objek wisata dan kondisi jalan masuk menuju objek wisata masih ada yang rusak, tidak tersedianya tempat samapah, jaringan listrik dan telekomunikasi didalam objek wisata, kurangnya promosi dan pemasaran yang dilakukan masih bersifat lokal, sedangkan pengelolaan objek wisata ini ditangani oleh dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Tenggara, belum ada kerjasama dengan pihak investor atau swasta, dan lainnya. Dari beberapa permasalahan diatas yang menjadi inti permasalahan yang terdapat di Objek Wisata Pantai Lakban ini adalah belum adanya strategi pengembangan yang tepat dalam pengembangan objek wisata ini. Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan strategi yang tepat untuk dapat mengembangkan dan menjadikan objek wisata ini sebagai objek wisata andalan. Dengan studi ini, diharapkan objek wisata ini dapat dikenal oleh masyarakat luas. Untuk mencapai tujuan diatas ,maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu mengidentifikasi dan merumuskan strategi. Identifikasi dilakukan untuk mengidentifikasi karakteristik faktor-faktor internal dan eksternal yang mendukung pengembangan objek wisata Pantai Lakban sebagai objek wisata andalan, sedangkan untuk menentukan strategi yang tepat dalam pengembangan objek wisata ini menggunakan teknik analisis SWOT. Dalam strategi pengembangan ini diarahkan untuk lebih meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Juga diharapkan adanya inovasi sehingga wisatawan tertarik dan merasa tidak bosan terhadap objek wisata Pantai Lakban. Selain itu juga dalam pengembangannya ini diharapkan dapat melibatkan investor swasta, masayrakat dan instansi lain yang terkait dalam pengembangan objek wisata ini.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35793/sabua.v5i3.3883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat redaksi:

Program Studi Perencanaan Wilayah & Kota (PWK), Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik - Universitas Sam Ratulangi, Manado - Sulawesi Utara