PENGARUH LAYANAN ONLINE SHOP (BELANJA ONLINE) TERHADAP KONSUMERISME SISWA SMA NEGERI 9 MANADO

Angelina F. T. Antow

Abstract


Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita melihat penggunaan media sosial di internet sudah semakin berkembang, bukan hanya pada kalangan dewasa melainkan juga pada kalangan anak muda (remaja). Melalui media sosial kita dapat terhubung dengan setiap orang untuk kebutuhan berkomunikasi, memperbanyak relasi, menambah wawasan dan pengetahuan, pendidikan, bisnis, maupun hiburan.
Permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini adalah dengan adanya layanan Online Shop (belanja online) dapat merubah konsumerisme di kalangan remaja, seperti keinginan yang tinggi akan barang yang hendak dimiliki maka siswa-siswi selalu membeli setiap barang yang dijual melalui Online Shop (belanja online) dengan berbagai alasan seperti ingin memiliki barang yang unik atau lebih menarik, barang yang masih jarang di gunakan oleh orang banyak dgn edisi terbatas (limited edition), atau juga mengikuti trend masa kini agar kelihatan lebih kekinian. Namun dari sebagian besar remaja melupakan alasan utama mengapa mereka harus membeli barang tersebut, sehingga kecenderungan untuk membeli barang yang mungkin tidak terlalu berguna buat diri mereka dan hanya membuat pemborosan bagi diri mereka tanpa memikirkan manfaat dari barang yang akan mereka beli asalkan mereka sudah memuaskan keinginan mereka. Dengan adanya fenomena ini penulis tertarik untuk meneliti pengaruh Layanan Online Shop (belanja online) Terhadap Konsumerisme Siswa SMA Negeri 9 Manado
Setiap media sosial memiliki fungsinya masing-masing untuk menunjang kita dalam menggunakannya, media sosial yang kita ketahui seperti; blog, facebook, tweeter, instagram, line, bbm, dan masih banyak lagi. Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita melihat penggunaan media sosial di internet sudah semakin berkembang, bukan hanya pada kalangan dewasa melain kan juga pada kalangan anak muda (remaja). Melalui media sosial kita dapat terhubung dengan setiap orang untuk kebutuhan berkomunikasi, memperbanyak relasi, menambah wawasan dan pengetahuan, pendidikan, bisnis, maupun hiburan.
Kata kunci: Layanan Online shop, Konsumerisme siswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.