PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR BITUNG

Neno Arista Moniaga, Ridwan Paputungan, J. S. Kalangi

Abstract


Dalam sebuah perusahan, komunikasi yang efektif sangat diperlukan agar tidak terjadi kesalahpahaman dan menjalin hubungan baik antar individu maupun kelompok suatu divisi dalam perusahaan. Komunikasi pemasaran merupakan interaksi antara produsen dengan calon pelanggan atau pelanggan melalui beberapa media terpilih. Dalam sebuah perusahaan, komunikasi pemasaran dimulai dari unsur perencanaan pembuatan produk sampai kepada penyampaian produk ke pasar. Kemajuan teknologi yang sangat pesat dimanfaatkan banyak perusahaan pangan dalam mengelolah produknya, sehingga mampu memproduksi makanan dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat. Dan hal tersebut juga menimbulkan persaingan dalam dunia usaha. PT. Indofood Sukses Makmur merupakan salah satu perusahaan pembuat makanan siap saji berupa mie instan. Banyak sekali persaingan dalam penjulan makanan siap saji diantaranya persaingan dalam hal promosi, pemberian harga, kualitas produk dan lain sebagainya. Tujun penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh komunikasi pemasaran terhadap minat beli produk PT. Indofoof CBP Sukses Makmur Tbk cabang Bitung. Penelitian ini menggunakan teori tindakan alasan dengan metode yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 79 responden yang berusia 10-49 tahun di Kelurahan Madidir Ure Kota Bitung. Dengan hasil yang diperoleh adalah komunikasi pemasaran memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli produk dengan koefisien korelasi sebesar 67% dan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 7,93 ≥ 1,66 sehingga menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menyatakan adanya pengaruh komunikasi pemasaran terhadap minat beli produk dapat diterima.

Kata kunci : komunikasi pemasaran, minat beli, teori tindakan alasan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.