Pola Komunikasi Guru Dalam Proses Belajar Anak Down Sindrom di Yayasan Pendidikan Anak Cacat Malalayang

Rachel Sondakh, Antonius Boham, Stefi H. Harilama

Abstract


Penelitian ini dengan judul Pola Komunikasi Guru Dalam Proses Belajar Anak Down Sindrom di Yayasan Pendidikan Anak Cacat Malalayang, dengan fokus penelitian pada pola komunikasi yang digunakan guru dalam proses belajar anak down sindrom. dengan demikian fokus ini di lihat dari aspek-aspek, Pola komunikasi primer, Pola komunikasi sekunder, Pola komunikasi linear, Pola komunikasi sirkular, Apakah ada pola lain yang digunakan guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan landasan teori 1. Interaksi Simbolik, dan juga teori belajar skiner. Mendapatkan hasil penelitian bahwa : Pola komuniaksi yang digunakan guru dapat mempengaruhi hasil belajar siswa down sindrom dan perubahan perilaku dari anak down sindrom. Bentuk komunikasi yang digunakan guru dalam proses belajar pada anak down sindrom di Yayasan pendidikan anak cacat Malalayang adalah komunikasi antar pribadi. Karena dalam kegiatan belajar metode pengajaran yang digunakan guru adalah individual, pengajaran secara tatap muka. Sehingga dengan komunikasi antarpribadi ini pengajar dapat mengetahui kemampuan pesarta didiknya dan memberikan meteri belajar yang sesuai dengan kebutuhannya seperti membaca dan menulis. Pola komunikasi yang digunakan dalam proses belajar pada anak down sindrom adalah lebih ke penggunaan pola komunikasi primer, dimna sebagian besar guru menggunakan bahasa dalam berkomunikasi dengan siswa dalam proses belajar dan tetap menggunakan isyarat atau simbol-simbol. Dan penggunaan pola komunikasi sekunder, media atau alat digunakan sebagai sarana komunikasi guru dengan siswa seperti alat yang sering disebut alat peraga yang berupa buku, gambar-gambar yang disertai dengan kata-kata dan huruf mainan yang berwarna dan lain-lain. Pola komunikasi yang digunakan guru adalah pola komunikasi gabuangan antara pola komunikasi primer dan komunikasi dua arah. Dalam kegiatan proses belajar ada yang menjadi hambatan dalam komunikasi antara pengajar dan murid down sindrom yaitu diantaranya adalah keadaan pengajar yang sakit atau sedang ada masalah dan suasana hati atau mood siswa yang kurang baik. Meskipun memiliki keterbatasan, memerlukan waktu yang lama dan diperlukan pengulangan, anak down sindrom tetap memiliki hak seperti anak lainnya untuk mendapatkan pendidikan. Karena mereka juga memerlukan bekal untuk dapat hidup mandiri dan bersosialisasi dengan masyarakat. Yang diperlukan adalah kesabaran guru dalam mendidik dan melatih mereka.

Kata Kunci : Pola Komunikasi Guru


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.