PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN DI WHIZ PRIME HOTEL MEGAMAS MANADO
Abstract
Komunikasi merupakan nafas dari keberlangsungan organisasi. Suatu organisasi tidak akan berjalan dengan semestinya tanpa adanya satu unsur penting yaitu komunikasi. Komunikasi organisasi adalah sekelompok individu yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan saling menukar pesan diantara anggotanya. Dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan hotel pastinya memiliki hubungan erat dengan kinerja karyawan. Untuk mencapai kinerja yang optimal dibutuhkan komunikasi organisasi yang efektif. Berdasarkan ulasan – ulasan pengalaman menginap di Whiz Prime Hotel Megamas Manado yang peneliti amati melalui Trip Advisor berkaitan dengan kinerja karyawan yaitu dari segi pelayanan yang lambat, kurang ramah, kurang ketelitian, tidak profesional, cita rasa makanan yang minim variasi serta fasilitas kamar yang masih kurang memadai. Memiliki banyak keluhan dari para tamu tentu berpengaruh terhadap peningkatan pengunjung yang ingin menginap. Sendjaja (1994: 132) untuk variable komunikasi organisasi, (metode yang digunakan), (hasil penelitian), Robbins (2006: 260) untuk variable kinerja karyawan. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebesar 55 karyawan dan ditarik sampel 48 orang. Persamaan regresi antara komunikasi organisasi (X) dan kinerja karyawan (Y) dirumuskan sebagai Y=a+bX yang dihitung secara manual. Hasil menunjukkan bahwa persamaan regresi kedua variable adalah Y=0,378 + 1,326X, hasil analisis data serta pengujian hipotesis menunjukkan adanya pengaruh dari komunikasi organisasi terhadap peningkatan kinerja karyawan dengan besar pengaruh 51,98% dan tingkat pengaruh 0,721. Komunikasi organisasi memberikan pengaruh terhadap peningkatan kinerja karyawan untuk memaksimalkan kualitas pelayanan terhadap pengunjung yang menginap di Whiz Prime Hotel Megamas Manado.
Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Kinerja Karyawan, Kualitas Pelayanan
Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Kinerja Karyawan, Kualitas Pelayanan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.