PERAN PEMIMPIN DALAM MENGEFEKTIFKAN KINERJA PEGAWAI DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN GOWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemimpin dalam meningkatkan kinerja pegawai di dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten gowa. Pada dasarnya pemimpin mampu melaksanakan fungsi-fungsinya dengan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dan punya integritas dimana ia mampu mempengaruhi perilaku bawahannya. Sangat mungkin organisasi tersebut mencapai sasaran atau tujuan yang telah dibuat.Dalam organisasi, pegawai bekerja selalu tergantung pada pimpinan. Bila pimpinan tidak memiliki kemampuan memimpin, maka tugas-tugas yang sangat kompleks tidak dapat dikerjakan dengan baik oleh pegawai. Apabila pemimpin mampu melaksanakan tugas-tugas dengan baik, makaorganisasi tersebut dapat mencapai tujuannya.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jumlah informan 8 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pemimpin dalam mengefektifkan kinerja pegawai sangat berperan penting, seperti focus penelitian yaitu perencanaan
:Kepala perpustakaan selalu melibatkan bawahannya dalam pengambilan keputusandalam melakukan perencanaan sehingga menghasilkan keputusan bersama antara pemimpin dengan bawahannya. Pengorganisasian :pemimpin menempatkan pegawainyan sudah sesuai dengan bidang keahliannya masing- masing. Penggerak : pemimpin melakukan pendekatan kepada para
pegawai dan berkoordinasi dengan kepala bidang sehingga bisa menggerakkan para pegawai untuk bekerja. Pengawasan :Pimpinan sering mengadakan pengawasan atau monitoring terhadap pegawai untuk bisa melihat kinerja para pegawai. Motivasi
:pemimpin selalu memberikan pengarahan dan motivasi agar pegawai selalu semangat dalam bekerja.
Kata Kunci : Pemimpin, Kinerja, Pegawai
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.