PERAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR DARING BAGI ANAK DI SD NEGERI 15 MANADO
Abstract
Saat ini dunia termasuk Indonesia sedang dilanda dengan suatu virus penyakit yaitu Covid-19 yang berdampak di semua bidang terlebih dalam bidang pendidikan yang membuat anak sekolah harus melakukan pembelajaran dari rumah atau belajar daring. Untuk itu sangat diperlukan peran dari orang tua dalam mendampingi anak selama melakukan proses belajar di rumah dikarenakan para guru-guru tidak bisa mengajar secara tatap muka langsung dengan murid-murid padahal di usia mereka masih butuh pendamping selama belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi antarpribadi orang tua dalam proses belajar bagi anak di SD Negeri 15 Manado. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi antarpribadi menurut Joseph DeVito dengan aspek keterbukaan, empati, dukungan, dan sikap positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah para orang tua (Ayah dan Ibu) yang memiliki anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) dan sementara melaksanakan sekolah daring atau online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua selalu mengajarkan kepada anak untuk dapat selalu terbuka tentang apa yang dialami dan dirasakan anak, sering menunjukkan empati dengan memahami perasaan anak, memberikan dukungan dan sikap positif selama anak melakukan proses belajar daring sehingga anak selalu senang dan nyaman selama belajar di rumah.
kata kunci : komunikasi antarpribadi, orang tua dan anak, belajar daring
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.