PERAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR DARING BAGI ANAK DI SD NEGERI 15 MANADO

Lando Gian Lanes, Desie M D Warouw, Elfie Mingkid

Abstract


Saat  ini  dunia  termasuk  Indonesia  sedang  dilanda  dengan  suatu  virus  penyakit  yaitu  Covid-19  yang berdampak di semua bidang terlebih dalam bidang pendidikan yang membuat anak sekolah harus melakukan pembelajaran dari rumah atau belajar daring. Untuk itu sangat diperlukan peran dari orang tua dalam mendampingi  anak  selama  melakukan  proses  belajar  di  rumah  dikarenakan  para  guru-guru  tidak  bisa mengajar secara tatap muka langsung dengan murid-murid padahal di usia mereka masih butuh pendamping selama belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi antarpribadi orang tua dalam proses belajar bagi anak di SD Negeri 15 Manado. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi antarpribadi menurut Joseph DeVito dengan aspek keterbukaan, empati, dukungan, dan sikap positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah para orang tua (Ayah dan Ibu) yang memiliki anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) dan sementara melaksanakan sekolah daring atau online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua selalu mengajarkan kepada anak untuk dapat selalu terbuka tentang apa yang dialami dan dirasakan anak, sering menunjukkan empati dengan memahami perasaan anak, memberikan dukungan dan sikap positif selama anak melakukan proses belajar daring sehingga anak selalu senang dan nyaman selama belajar di rumah.

 

 

kata kunci : komunikasi antarpribadi, orang tua dan anak, belajar daring


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.