STRATEGI PENJUALAN KUE OLEH IBU-IBU RUMAH TANGGA YANG TERDAMPAK COVID-19 LEWAT FACEBOOK DI KELURAHAN TUMINTING

Josephine Evita, Elfie Mingkid, Lingkan E Tulung

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana strategi penjualan yang dilakukan ibu-ibu penjual kue melalui facebook di kelurahan Tuminting, dengan landasan teori Marketing Mix atau Bauran Pemasaran. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan informan sebagai sumber data penelitian yaitu ibu-ibu yang berjualan kue di kelurahan Tuminting. Hasil penelitian ini menunjukkan : Pertama, meskipun di masa pandemi, ibu-ibu masih mempunyai kreatifitas dalam meracik bahkan merubah isi kue dengan berbagai rasa, guna menarik minat pembeli. Kedua, harga per satuan kue yang di jual oleh ibu-ibu umumnya di patok 2.000 per biji, namun ada juga yang menjual dengan harga 5.000 per 3 biji. Penentuan harga berdasarkan harga bahan pokok, dan disesuikan dengan harga pasaran kue pada umumnya. Ketiga, strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh ibu-ibu masing-masing memiliki cara sendiri untuk mempromosikan kue untuk menarik minat pembeli di media sosial Faceboook dengan cara membuat caption yang menarik dan memberi promo gratis biaya kirim. Keempat, meskipun berjualan lewat facebook, ibu-ibu juga berjualan di pasar ataupun dirumah masing-masing. Strategi penjualan lewat facebook di tengah pandemi sangat membantu, mengenai produk kue tentu harus berkualitas dan bersih, dengan harga yang terjangkau, dan lokasi yang strategis menjadi bagian penting dalam menarik minat pembeli sehingga hal ini sangat membantu dalam mempromosikan kue-kue yang di jual ibu-ibu.

 

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Facebook dan Promosi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.