PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR SISWA SMK NUSANTARA DI TONDANO

Elen Lahabu, Nolly S Londa, Antonius Boham

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan perpustakaan dalam menunjang kegiatan belajar SMK Nusantara di Tondano.Peranan perpustakaan sekolah adalah sebagai salah satu sarana pendidikan yang dapat menunjang kegiatan belajar siswa maupun guru demi tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. perpustakaan memiliki peran dalam informasi sebagai  lembaga  penyimpanan,  lembaga  mengolah  dan  mengorganisasikan  informasi, lembaga penyebaran informasi. Kegiatan belajar adalah bukan suatu tujuan tetapi proses untuk mencapai tujuan. Kegiatan belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman. Sedangkan mengajar adalah menyampaikan pengetahuan kepada siswa didik atau murid di sekolah. Metode penelitian yang digunakan  dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan jumlah informan 5 orang siswa dan 2 orang staf perpustakaan di SMK Nusantara Tondano. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu peraturan perpustakaan, kegiatan/ aktivitas di perpustakaan, perilaku, perpustakaan sebagai sumber kegiatan belajar, perpustakaan sebagai tempat mengembangkan minat dan budaya membaca yang menuju kebiasaan mandiri. Peranan perpustakaan dalam menunjang kegiatan belajar sudah sesuai  namun berjalan maksimal karena masih terkendala dengan sarana prasarana dan koleksi yang masih sangat terbatas.

 

 

Kata Kunci : Peranan, Kegiatan Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.