PERSEPSI PEMUSTAKA TENTANG KUALITAS PELAYANAN SIRKULASI DI UPT PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI MANADO

Lorensia Feren Maudi, Anthonius Boham, Julius L.K Randang

Abstract


P

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pemustaka tentang kualitas pelayanan sirkulasi di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Manado. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif  dengan teknik pengelohan dan analisis data dilakukan melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pemustaka tentang kualitas pelayanan sirkulasi di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Manado sudah sangat efektif dalam memenuhi kebutuhan pelayanan sirkulasi yang dibutuhkan oleh pemustaka, hal ini karena pemustaka sangat terbantu dengan adanya layanan sirkulasi dalam membantu memberikan layanan kepada pemustaka, kualitas layanan sirkulasi pun mendapat persepsi yang baik dari segi sumber daya manusia, prosedur pelayanan, keterampilan dan kehandalan petugas dalam memberikan layanan kepada pemustaka, walaupun masih terdapat beberapa kendala namun hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi pemustaka untuk menggunakan layanan sirkulasi sebagai jasa layanan yang dibutuhkan oleh pemustaka dalam memperoleh kebutuhan akan informasi. Kesimpulan dalam penelitian ini, UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Manado sudah mendapat persepsi yang baik walaupun masih ada beberapa kendala yang terdapat dalam proses layanan sirkulasi, sehingga hal tersebut perlu adanya perhatian dari pihak perpustakaan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan sirkulasi yang lebih baik dan memperbaiki setiap kendala yang ada dilayanan sirkulasi.

 

Kata kunci : Persepsi, Kualitas Layanan Sirkulasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.