PERAN KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DALAM PERMAINAN GAME ONLINE PLAYER UNKNOWN’S BATTLEGROUND PADA MAHASISWA JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FISPOL UNIVERSITAS SAM RATULANGI

Dickey Ariftia Abdi, Meity D. Himpong, Grace Jane Waleleng

Abstract


ABSTRAK

G

ame online adalah permainan yang biasanya menggunakan jaringan internet dan yang sejenisnya, Arti game online dalam bahasa Indonesia adalah permainan daring. Permainan online juga bisa dimaikan di gadget android dan juga komputer (PC) tentunya dengan adanya jaringan internet  atau koneksi kabel. Dengan menggunakan koneksi internet game online dapat dimainkan bersama orang yang berada jauh dari kita dengan masuk ke satu server yang sama. Untuk mengetahui peran komunikasi antar budaya dalam permainan game online Player Unknown’s Battleground (PUBG) Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fispol Universitas Sam Ratulangi. Menggunakan metodelogi penelitian kualitatif, penelitian menggunakan teori culture shock untuk mengukur masalah yang terjadi terkait perbedaan latar belakang budaya, bahasa dan cara bicara pemain game online dan menggunakan empat fase yaitu fase kegembiraan, fase masalah kultural, fase recovery, fase adaptasi. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara secara mandalam dengan responden yakni mahasiswa yang bermain game online tersebut. Responden dalam penelitian berjumlah 8 orang. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa, dari 6 responden mereka mengalami semua fase tersebut dam ada 2 responden yang gagal di fase kedua karena sulitnya beradaptasi dengan perbedaan latar belakang yang ada di dalam game online tersebut.

 

 

Kata Kunci : Komunikasi Antar Budaya, Game Online, Mahasiswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.