STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENGEMBANGKAN KEDAI TRAP KOPI MANADO
Abstract
ABSTRAK
Komunikasi pemasaran merupakan aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Dalam komunikasi pemasaran tersebut harus ada strategi komunikasi untuk bisa mengetahui target sasaran yang diinginkan. Strategi komunikasi merupakan panduan untuk perencanaan komunikasi dan manajemen komunikasi dalam mencapai suatu tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mengembangkan Kedai Trap Kopi Manado’. Penelitian ini menggunakan konsep baru yang diperkenalkan dari Bolden yaitu bauran pemasaran (marketing mix). Menurut Kotler dan Keller menyatakan bahwa bauran pemasaran adalah sekumpulan alat pemasaran yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya dalam pasar sasaran. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk Trap Kopi Manado dalam mengembangkan kedai kopi lebih baik dan dapat mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Untuk menunjang pada penelitian ini, pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi dan wawancara semiterstruktur. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Trap Kopi Manado dalam menerapkan konsep bauran pemasaran terlihat mempunyai beberapa kendala dalam penerapan konsep tersebut dan mempunyai faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kedai kopi yang diharuskan untuk tutup sementara dikarenakan juga adanya pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia.
Kata kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.