FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE OLEH IBU-IBU GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN

Jessica Agustina Ropa, Mariam - Sondakh, Yuriewaty - Pasoreh

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Facebook Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Oleh Ibu-Ibu Guna Meningkatkan Pendapatan Keluarga (Studi Pada Penjual Online di Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa). Di masa pademi covid 19 ini banyak ibu-ibu yang harus melakukan aktivitas mereka di rumah. Apalagi dengan adanya program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat ini menyababkan ibu-ibu tidak bisa leluasa melakukan aktivitas keluar rumah karena harus stay at home. Begitu pula dengan para suami, sehingga berdampak pada penghasilan atau ekonomi keluarga. Ada yang di PHK, pengurangan gaji, usaha menurun, dll. Padahal mereka harus membiayai keluarga, menyekolahkan anak, dan berbagai tuntutan kebutuhan keluarga lainnya. Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa terdiri dari 13 Desa dimana ibu-ibu yang ada di Kecamatan Kakas  memanfaatkan facebook sebagai komunikasi pemasaran yang berbasis online untuk menjual barang dagangan mereka guna meningkatkan pendapatan keluarga. Selain sebagai ibu rumah tangga yang mengurus suami dan anak-anak, ibu-ibu menggunakan media sosial facebook untuk menjual barang secara online. Ibu-ibu harus dapat mengkomunikasikan dan memasarkan dengan baik apa yang akan di jual melalui media sosial facebook, sehingga orang lain tertarik untuk melihat dan membeli apa yang dijual. Hasil penelitian menggunakan pendekatan kwalitatif dengan mewawancarai beberapa informan mengacu pada fokus penelitian. Hasilnya, facebook yang digunakan oleh ibu-ibu sebagai media komunikasi pemasaran sangat berperan dalam meningkatkan pendapatan keluarga di kecamatan Kakas.

 

Kata Kunci: Facebook, Media Komunikasi, Pemasaran Online, Pendapatan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.