GAYA KOMUNIKASI COSTUMER SERVICE DENGAN NASABAH DI BRI UNIT TIDORE TAHUNA SANGIHE
Abstract
ABSTRAK
Peran dari Customer service tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kemajuan sebuah bisnis, hal ini cukup beralasan karena costumer service memiliki tugas dan Tanggung jawab dalam memberikan layanan dari suatu perusahaan kepada nasabah atau pelanggan, baik itu sebelum maupun sesudah melakukan pembelian produk maupun jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya komunikasi costumer service dengan nasabah di BRI Tidore Tahuna. Lokasi penelitian ini adalah Bank BRI unit Tidore, di kecamatan Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi utara. Waktu penelitian 3 – 6 bulan, apabila tidak ada hal yang menjadi halangan dan rintangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, adalah metode kualitatif, karena dianggap sesuai dengan permasalahan yang akan dikaji, dimana akan menelusuri berbagai pendapat dan alasan dari sumber informasi yaitu subjek manusia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Pada penelitian ini yang berkaitan dengan permasalahan bagaimana gaya komunikasi costumer service dengan nasabah di BRI unit Tidore, Kecamatan Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe hanya diambil beberapa kajian teori yang dijadikan fokus penelitian yang cocok dengan permasalahan yang diteliti antara lain adalah Gaya Komunikasi Meninggalkan Kesan (Impression-leaving communication style), Gaya Komunikasi Santai (Relaxed communication style), Gaya Komunikasi Perhatian (Attentive communication style), Gaya Komunikasi Terbuka (Open communication style) dan Gaya Komunikasi Bersahabat (Friendly communication style).
Kata Kunci : Gaya Komunikasi, Customer Service, Nasabah
Full Text:
XMLRefbacks
- There are currently no refbacks.