PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI PARIWISATADI KABUPATEN TORAJA UTARA

Nopiyanti - Bungin, Yuriewaty - Pasoreh, Julius L.K. Randang

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial instagram sebagai sarana promosi pariwisata di KabupatemToraja Utara oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toraja Utara. Promosi menggunakan media sosial merupakan salah satu fenomena baru di dunia pemasaran karena adanya perkembangan teknologi dan komunikasi kemudian melahirkan media baru. Pemanfaatan Media Sosial khususnya Instagram sangat menunjang dsalam mempromosikan destinasi-destinasi pariwisata karena lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan pada penlitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini melibatkan 3 orang sebagai informan utama dan 3 orang sebagai informan pendukung. Data dan hasil wawancara tersebut kemudian di analisis dengan cara pengpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pada promosi pariwisata menggunakan media sosial instagram sesuai dengan teori media sosial 4C yaitu context, communication, collaboration, dan connection belum sepenuhnya berhasil karena dari 4(empat) indikator hanya 3 (tiga) yang berhasil di terapkan yaitu context, communication dan connection sedangkan yang tidak diterapkan yaitu collaboration. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa; kegiatan promosi menggunakan instagram merupakan salah satu cara promosi yang terbilang baru yang dengan mudah digunakan dan diakses dan memberikan banyak keuntungan.

 

Kata kunci: Pemanfaatan, Media Sosial Instagram, Sarana Promosi


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.