ANALISA KINERJA GURU SEBAGAI KOMUNIKATOR DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI SD ISLAM TERPADU HARAPAN BUNDA MANADO

Erina - Aprisia, Antonius - Boham, Stefi Helistina Harilama

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja guru sebagai komunikator dalam menjalankan pembelajaran dimasa pandemi dengan sistem pembelajaran online di SD Islam Terpadu Harapan Bunda Manado. Jurusan Ilmu Komunikasi Fisipol Unsrat, di dalamnya diajarkan untuk bisa menjadi komunikator yang baik dan benar sehingga bisa menyampaikan pesan kepada komunikan sesuai dengan tujuannya. Komunikator adalah pihak yang mengirim pesan kepada komunikan, seorang komunikator tidak hanya berperan dalam menyampaikan pesan kepada penerima, namun juga memberikan tanggapan serta menjawab pertanyaan dan masukan yang disampaikan oleh komunikan yang terkena dampak dari proses komunikasi yang berlangsung, baik secara langsung maupun tidak langsung (Wiryanto, 2000:63). Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu analisis isi kualitatif mengacu pada teori Kreadibilita Komunikator. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikator antara guru dan siswa yang berada di SD Islam Terpadu Harapan Bunda Manado berjalan dengan baik, biarpun dimasa pandemi mereka bisa menjalankan proses belajar mengajar dan masih tetap selalu berkomunikasi dengan baik melalui media google meet/zoom meeting. Walaupun masih memiliki kendala yang bisa menghambat prosesnya belajar mengajar namun para guru tetap berusaha menjalankan tugasnya untuk mendidik dan membimbing siswanya dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dilihat dari kinerja guru dari segi komunikasi sebagai komunikator dalam pembelajaran online maka dapat disimpulkan bahwa umumnya guru yang berada di SD Islam  Terpadu Harapan Bunda Manado melaksanakan proses belajara mengajar seperti biasanya waktu sebelum adanya pandemi covid-19.

 

Kata Kunci : kinerja, guru, komunikator, belajar online

 


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.