PENGARUH PROGRAM KAMPANYE BODY POSITIVITY INFLUENCER TERHADAP SIKAP MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SAM RATULANGI MANADO

Kezia Jemima Van Bone, Reiner Richard Onsu, Grace Jane Waleleng

Abstract


ABSTRAK

Pola pikir masyarakat yang diterapkan dari generasi ke generasi tentang standar kecantikan, sering kali didefinisikan dengan bentuk dan ukuran tubuh yang proposional. Standar kecantikan yang tidak realistis seperti ini mendorong adanya kampanye atau gerakan body positivity untuk menentang pola pikir masyarakat yang mendefinisikan standar kecantikan itu harus mempunyai bentuk dan ukuran tubuh yang ideal dan mendorang orang-orang untuk menerima segala bentuk dan ukuran tubuh yang bertambah seiring bertambahnya usia dengan secara alami. Gerakan tubuh positif ini di kampanyekan orang sosok influencer Clara Tan pada akun instagram miliknya @clarasutantio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Program Kampanye Body Positivity Influencer Terhadap Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sam Ratulangi Manado. Dalam hal tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 953 mahasiswa aktif dari tahun 2017 sampai pada 2021 Jurusan Ilmu Komnikasi Universitas Sam Ratulangi dengan sampel sebanyak 91 responden yang ditentukan menggunakan Simple Random Sampling Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat sebesar 0,750 antara kampanye Body Positivity terhadap sikap mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sam Ratulangi. Penelitian ini terdiri dari 5 bab yaitu, bab pendahuluan, bab tinjauan pustaka, bab metodologi penelitian, bab hasil dan pembahasan, dan bab penutup.

 

Kata Kunci : Influencer, Kampanye Body Positivity, Sikap Mahasiswa

 

 


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.