ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN AJAKAN MENGIKUTI VAKSINASI DI KOMPAS TV

Marsel - Tumbelaka, Grace J Waleleng, Jeffry W Londa

Abstract


ABSTRAK


Komunikasi merupakan hal yang penting dilakukan baik untuk bertukar informasi maupun interaksi yang memerlukan dua orang atau lebih. “sebutan komunikasi” (Bahasa Inggris “communication”) berasal dari Bahasa Latin “communications” memiliki arti “pemberitahuan” atau “merupakan kepunyaan bersama”. Iklan merupakan sarana untuk membantu pemasaran yang efektif untuk membantu pemasaran yang efektif, untuk menjalin komunikasi antara perusahaan dengan konsumen dalam usahanya untuk menghadapi pesaing. Iklan Layanan Masyarakat adalah iklan sosial yang tidak bergantung Penelitian dengan judul “Analisis Semiotika pada Iklan Ajakan Mengikuti Vaksinasi di Kompas TV merupakan penelitian dengan studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan analisis semiotika milik Charles S. Peirce sebagai metode penelitian untuk mengetahui tanda dan makna makna dalam iklan yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat betapa pentingnya mengikuti vaksinasi dan apa yang menjadi pesan dalam iklan layanan masyarakat ajakan mengikuti vaksinasi bisa dipahami oleh masyarakat. Data diperoleh dengan mengobservasi potongan-potongan iklan (shoot) dan mendokumentasikannya. Dari penelitian ini, penulis menemukan 16 potongan dalam iklan yang dikelompokkan menggunakan klasifikasi tanda berdasarkan representament, object dan interpretant serta tanda yang dibagi oleh Charles S. Peirce yang menjadi kategori lanjutan yaitu Firtness, secondness, dan thridness. Potongan iklan (shoot) menunjukan tanda dan makna ajakan untuk mengikuti kegiatan vaksinasi sambil menerapkan protokol kesehatan yang ketat.pada orang lain, bebas atau bersifat independent Iklan layanan masyarakat ( ILM) ialah iklan yang bermanfaat buat mendesak empati warga bila menemui sesuatu hambatan sosial.

 

Kata kunci :   Analisis, Semiotika, Komunikasi, Iklan, Iklan layanan masyarakat

 


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.