Pola Komunikasi Organisasi Pelaku Usaha Mebel Dengan Karyawan Di Desa Sairo Distrik Manokwari Utara

Anita - Tuju, Reiner Richard Onsu, Eva Altje Merentek

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Pola Komunikasi Organisasi Pelaku Usaha Mebel Dengan Karyawan Di Desa Sairo Distrik Manokwari Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan objek penelitiannya adalah Pelaku Usaha Mabel Dengan Karyawan Di Desa Sario Distrik Manokwari Utara. Penelitian ini difokuskan pada Pola Komunikasi Formal, informal antara atasan dan bawahan. Hal ini didasarkan pada permasalahan yang ditemui dalam pola Komunikasi yang terjalin bisa membolehkan terjalin kerjasama, persaingan, apalagi memunculkan konflik. Mengingat banyaknya pengusaha mebel di desa Sairo Distrik Manokwari Utara, hingga mungkin terjalin komunikasi yang berbentuk kerjasama, persaingan ataupun konflik pastinya sangat besar serta kerap terjalin. Penentuan informan, untuk informan peneliti mengambil 1 orang pemilik usaha dan 3 orang karyawan. Adapun perolehan data pada penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, pengamatan, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pola komunikasi bisnsi yang di lakukan oleh pelaku usaha mabel dan karyawan dapat tergolong menjadi dua bentuk yakni komunikasi formal dan informal. Usaha mabel di Desa Sario Distrik Manokwari Uatara ini pada saat komunikasi formal berlangsung, Bisa dikatan berjalan dengan sesui dengan konsepnya. Yang mana pelaku usaha mabel disini memang memiliki wewenang dan tanggung jawab yaitu melalui inruksi-intruksi bentuk lisan dan tulisan sesuasi dengan prosedur sacara fungsinonal yang berlaku dari arus atasan kebawahan atau sebaliknya.Sedangkan komunikasi informal, bisa dibilang komunikasi disni lebih menekankan pada aspek human relations-nya. Atau dengan kata lain lebih sering terjadi pada saat diluar pekerjaan berlangsung. Karna berdasarkan yang penelti temukan juga yang lebih sering menggunakan komunikasi informal itu kebanyak sesama karyawan ada ada juga antara atasan dan bawahan namun itu terjadi pada saat waktu di luar kerja

 

Kata Kunci: Pola Komunikasi Organisasi, Mabel, Pelaku Usaha, Karyawan

 


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.