PENGARUH UMPAN BALIK “LIKES” DI INSTAGRAM TERHADAP SELF-ESTEEM PADA GENERASI Z (STUDI PADA GENERASI Z DI KECAMATAN MALALAYANG)

Zalza J. N. Bintang, Reiner Richard Onsu, Johnny S Kalangi

Abstract


ABSTRAK

Di era sekarang, teknologi internet sudah semakin maju sehingga muncul lah New Media atau Media Baru. Kemudahan dalam mengakses internet membuat proses komunikasi interpersonal dapat terjadi dengan mudah tanpa ada batasan ruang dan waktu. Salah satunya melalui media sosial yang digolongkan sebagai Media Baru. Di Indonesia, Instagram menjadi media yang paling banyak di gunakan ke-3 setelah YouTube dan WhatsApp, dengan persentase sebanyak 87,7%, jika dibandingkan dengan Facebook 85,5% dan Twitter yang hanya mendapat 67,6%. Dalam menggunakan Instagram, pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya dengan memberikan umpan balik berupa like (suka) atau comment (komentar) di postingan Instagram. Umpan balik yang diperoleh pengguna instagram dapat berupa positif atau negatif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh umpan balik “likes” di instagram terhadap self-esteem pada generasi z di kecamatan malalayang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket.  Dan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data yang ditemukan kemudian diolah dan diuji dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Dalam penelitian ini ditemukan Likes di Instagram (X) berpengaruh terhadap Self-Esteem (Y) pada Generasi Z di Kecamatan Malalayang. Ditemukan pengaruh sedang antara variabel X terhadap Y sebesar 43,1% sedangkan sisanya 56,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan. Lewat hasil uji t  disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan antara Umpan Balik “Likes” di Instagram terhadap Self-Esteem pada Generasi Z di Kecamatan Malalayang.

 

Kata kunci: Umpan balik, Instagram, Generasi Z


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.